Danrem 043/Gatam Hadiri Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi dan Pilkada Bersih

73

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Komandan Korem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S.,M.I.Kom hadiri rapat koordinasi pencegahan korupsi dan pilkada bersih yang dipimpin langsung Ketua KPK RI Firli Bahuri, Kamis (6/8/2020), bertempat di ruang rapat Pusiban kantor Gubernur Provinsi Lampung.

Kegiatan ini ditujukan kepada kepala daerah, forkopimda dan penyelenggara pilkada serentak 2020 di Provinsi Lampung yang akan melaksanakan pilkada 2020.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung menyampaikan, dalam pencegahan korupsi ini sangat diharapkan komitmen dari semua pihak. Karena kita ketahui korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus dicegah dan diberantas.

“Dalam pencegahan korupsi yang paling utama adalah membangun sumber daya manusia, karena mustahil pencegahan korupsi dapat berhasil kalau sumber daya manusia tidak dibangun,” kata dia.

Sementara ketua KPK Komjen Pol. Firli Bahuri menyampaikan, dalam penanganan Covid-19 ini kita semua mengalami tidak dalam keberuntungan, karena dampak ini sangat besar pada kesehatan dan  perekonomian. Ini menjadi tugas berat bagi gubernur, bupati, walikota, Ketua DPR. Karena selama masa kampanye janji-janji untuk memajukan daerahnya terhambat karena pademi Covid-19.

“KPK berkomitmen untuk mencegah agar tidak ada korupsi, berkordinasi dengan instansi-instansi terkait, melakukan monitoring dalam pelaksanaan program pemerintah, melakukan supervisi terhadap korupsi di daerah. Korupsi ini dilakukan bukan karena miskin, tetapi karena desakan, kesempatan, kebutuhan dan sistim,” jelas dia.

“KPK akan bertindak sangat keras apabila ditemukan pelanggaran korupsi pada masa pandemi Covid-19. Korupsi merupakan kejahatan kemanusiaan. Korupsi merupakan kejahatan hak azasi manusia,” tutup Ketua KPK. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda