Dankolatmar Paparan Latihan Pratugas Satgasmar Puter XXIV dan Ambalat XXVI Kepada Waasops Panglima TNI Lewat Vicon

93

PASURUAN-JATIM, BERITAANDA – Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel Mar Suliono SE didampingi Perwira Staf Operasi (Pasops) Kolatmar Letkol Marinir Danang Wahyu I memaparkan rencana garis besar (RGB) latihan pra tugas Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) Pulau Terluar (Puter) XXIV dan Ambalat XXVI kepada Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI melalui video teleconference (vicon) dari ruang rapat Markas Komando (Mako) Kolatmar Grati, Pasuruan, Kamis (18/6/2020).

Tugas pokok Kolatmar adalah melaksanakan pembinaan, pelatihan dan membekali kemampuan prajurit yang akan melaksanakan operasi tempur di medan tugas yang sebenarnya. Salah satu latihan pra tugas pasukan Korps Marinir yang akan melaksanakan operasi penugasan ke depan adalah Satgasmar Ambalat XXVI dan Puter XXIV.

Latihan pra tugas Satgasmar ini akan dilaksanakan kurang lebih dua pekan terhitung mulai tanggal 1 hingga 15 Juli 2020 dengan peserta Satgasmar Ambalat XXVI 130 personel, Puter XXIV Wiltim 44 personel dan Puter XXIV Wilbar 58 personel di tiga tempat berbeda, yakni di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) Teluk Ratai Lampung, Puslatpurmar Grati dan Pasmar 3 Sorong.

Dan Kolatmar menjelaskan, tujuan dilaksanakan latihan pra tugas ini untuk meningkatkan kemampuan, membekali dan menguji kesiapan pasukan serta yang akan melaksanakan operasi di medan yang sebenarnya.

“Diharapkan pada saat pelaksanaan penugasan kedepan sudah siap secara mental, fisik dan taktik sehingga operasi penugasan dapat berhasil dan berdaya guna,” jelas dia.

Adapun materi latihan yang akan diberikan dalam latihan pratugas ini meliputi materi hukum, teritorial, intelijen tempur, komunikasi dan elektronika. Standar Operation Prosedur (SOP) pemeriksaan pelintas batas ilegal, illegal logging, illegal mining, human trafficking dan peredaran narkoba. Juga materi-materi pembinaan ketahanan wilayah (bintahwil) dengan menitikberatkan membantu program pemerintah dalam membangun ketahanan pangan, penyuluhan tentang penanganan dan pencegahan Covid-19 serta materi komunikasi dan cara pelaporan dengan mengunakan video conference (vicon). (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda