Bupati Sekadau Launching Status ODF Desa Semabi

532

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus didampingi Wakil Bupati Aloysius, Rabu (25/9/2019) siang, launching deklarasi open defecation free (ODF) bebas buang air besar sembarangan di Desa Semabi Sekadau Hilir.

Kegiatan ini juga dihadiri pihak Dinas Kesehatan dan NGO Wahana Visi Indonesia (WVI) sebagai motor dari terwujudnya ODF di desa penghasil beras serta gula aren itu.Deklarasi ini juga disambut meriah warga serta perangkat desa yang dipimpin kepala desa (kades) Jamri S.Pd.

Jamri mengatakan, proses desnya menuju ODF ini tidak dalam waktu yang singkat. Selama 5 tahun, saat ini warga kami mulai memiliki sanitasi di rumah masing-masing.

Sementara Direktur WVI Sekadau Erni Ermanik SE mengapresiasi masyarakat Desa Semabi yang berhasil menjalankan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Di dalam prosesnya banyak hal dan tantangan yang dilewati.

Ditegaskan dia, keberhasilan ODF ini berkat perjuangan bersama semua pihak. “Bahwa WVI di Kabupaten Sekadau berfokus pada bidang kesehatan, khususnya sanitasi serta stanting,” jelas dia.

Bupati Sekadau Rupinus juga menegaskan, bahwa pilar STBM yang pertama adalah tidak buang air besar sembarangan yang dapat menimbulkan penyakit.

“Selain ODF, juga disarankan agar ternak ditertibkan agar lingkungan sehat serta bersih,” kata bupati.

Bupati berharap agar masyarakat mematuhi 5 kriteria STBM yang telah disoalisasikan.

Terkait bumdes yang juga dilauching di Desa Semabi, bupati mengakui bahwa desa ini memiliki ciri khas, yakni gula aren, beras hitam dan merah. Agar kedepan produk lokal alam Semabi ini ditingkatkan untuk menjadi salah satu icon produk unggulan Kabupaten Sekadau.

Launching deklarasi ODF ini ditandai dengan pemukulan gong serta pembukaan tirai plang desa ODF oleh Bupati dan Wakil Bupati Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda