Bupati Rupinus dan MABM Tinjau Pembangunan Masjid Agung Sekadau

184

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus didampingi ketua dan pengurus DPD Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sekadau meninjau pembangunan Masjid Agung Sekadau, Sabtu (12/9/2020) siang.

Dalam peninjauan ini, pihak pelaksana menjelaskan tahapan-tahapan pembangunan masjid yang akan diberi nama Masjid Agung Sultan Anum tersebut.

Masjid yang berada di Km 07 Jalan Merdeka Timur ini berkubah utama dari kayu belian (ulin), sedangkan luas inti bangunan 50×50 meter persegi. Empat menara menjulang tinggi telah berdiri menambah megahnya rumah ibadah ini.

Di lokasi, rombongan melihat langsung para pekerja sedang mempersiapkan berbagai bagian sudut ruangan utama masjid dari berbagai bahan. Tak hanya itu, sejumlah alat berat dan mesin juga beroperasi untuk menunjang pelaksanaan pembangunan.

“Menurut pihak pelaksana, diperkirakan Januari 2021 sudah selesai. Mudah-mudahan target waktu tercapai,” ungkap Bupati Rupinus.

Bupati mengapresiasi letak masjid yang berada di jalur sutra lintas kabupaten. Menurutnya, letak masjid agung yang berada di jalan nasional Sekadau – Sintang akan menambah icon Kabupaten Sekadau.

“Nanti warga dari luar Sekadau yang muslim, kalau melintas Sekadau bisa singgah, sholat atau istirahat, atau membaca Alquran,” tambah bupati.

Pembangunan Masjid Agung Sultan Anum ini dimulai sejak tahun 2016 di atas lahan seluas 2 hektare. Direncanakan nantinya di lahan ini akan dibangun berbagai fasilitas penunjang serta Islamic Center Sekadau.

Diakhir peninjauan, rombongan melaksanakan foto bersama di depan bangunan Masjid Agung Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda