BNNK Sergai Canangkan Desa Bersinar di Kecamatan Pegajahan

286

SERGAI- SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui BNNK setempat canangkan desa bersinar (bersih narkoba) dan diseminasi informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui kampanye pagelaran seni di lapangan sepakbola Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan, Kamis (26/9/2019).

Kepala BNNK Sergai Drs Adlin Tambunan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat dekat dan nyata, serta dampaknya yang begitu kompleks dan mengancam eksistensi kedaulatan bangsa Indonesia di masa mendatang.

“Berbicara tentang narkoba tidak terlepas dari 3 (tiga) hal, yaitu penjahat narkoba, penyalahguna narkoba serta masyarakat bersih narkoba. Melalui pencanangan desa bersinar hari ini, kita wujudkan poin ketiga yaitu masyarakat bersih narkoba serta menyatakan perang terhadap penjahat narkoba dan penyalahguna narkoba. Desa Pegajahan ini telah membentuk relawan anti narkoba dengan aktif melakukan sosialisasi di sekolah maupun perwiritan,” kata dia.

“Harapannya agar nantinya Desa Pegajahan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Sergai dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri melalui dituangkannya P4GN dalam RKP dan APBDes tahun anggaran 2019 serta ditingkatkan untuk tahun berikutnya,” tembah dia.

Sementara Muhammad Yamin selaku Kepala Desa Pegajahan mengatakan, awal terbentuknya Satgas Anti Narkoba Desa Pegajahan melalui proses musrenbang yang disambut baik oleh seluruh warga pada tahun 2018 lalu dengan memanfaatkan alokasi dana desa.

“Melalui RKP dan APBDes didapat informasi bahwa dibolehkan untuk mengalokasikan dana desa guna kegiatan pemberantasan penyalahgunaan narkoba,” jelas dia.

“Saya meyakini bahwa dalam rangka pemberantasan penyalahgunaan narkoba, dimulai dari pencegahan. Untuk itu Desa Pegajahan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam rangka mewujudkan desa yang benar-benar bersih dari narkoba. Kuncinya adalah setiap kepala keluarga di rumah tangga menjaga dan menolak narkoba, sehingga saat dari keluarga sudah kita cegah, maka tidak akan ada jalur lagi untuk narkoba masuk. Kita optimis tidak akan ada lagi peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” pungkas dia.

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, terutama BNNK dan masyarakat Desa Pegajahan yang telah menggelar kegiatan ini.

“Pencanangan desa bersih narkoba merupakan salah satu bukti komitmen serius dari pemerintah daerah dan pusat dalam memerangi penyelundupan, peredaran gelap, dan penyalahgunaan narkoba. Mengingat tindakan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime),” jelas dia.

Acara ini diisi dengan penyerahan penghargaan kepada pegiat anti narkoba, deklarasi anti narkoba oleh masyarakat Desa Pegajahan, pelantikan satgas anti narkoba, pelayanan kesehatan gratis, cek urine, serta dimeriahkan dengan pagelaran seni tari oleh siswa SMP dan SMA Negeri Pegajahan binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda