Binmas Polres Sekadau Himbau Pelajar MAN 1 Tak Terlibat Demonstrasi

302
Kasat Binmas Polres Sekadau IPTU Masdar saat menyampaikan penyuluhan dalam upacara Senin di MAN 1 Sekadau. (Sat Binmas Polres Sekadau)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Mengantisipasi munculnya gejolak jelang pelantikan Presiden – Wakil Presiden, Kepolisian Resor Sekadau gencar mengadakan sosialisasi. Salah satu sasaran sosialisasi tersebut adalah pelajar.

Senin (7/10/2019) pagi, Kasat Binmas Polres IPTU Masdar didaulat menjadi pembina upacara sekaligus memberikan wejangan kepada pelajar Mandrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sekadau.

Masdar menyampaikan situasi terkini, baik di wilayah hukum Kabupaten Sekadau maupun sitkamtibmas secara nasional tentang beberapa kejadian yang menonjol, terutama tentang adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan di beberapa daerah.

“Menyikapi adanya aksi unjuk rasa yang terjadi di beberapa tempat yang melibatkan mahasiswa maupun pelajar SMA/SMK, maka pihak Polres Sekadau menghimbau agar siswa-siswi MAN 1 Sekadau tidak turut serta dalam melakukan aksi unjuk rasa tersebut,” papar Masdar.

Masdar menerangkan, maksud dan tujuannya adalah agar menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 Oktober 2019, situasi aman, damai dan kondusif.

Ia juga berharap agar pihak sekolahan dapat memantau dan menginformasikan kepada Polres Sekadau apabila  mendengar info adanya indikasi aksi unjuk rasa yang akan dilakukan siswa MAN 1 Sekadau.

“Ini sesuai edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2019 tentang pencegahan keterlibatan peserta didik dalam aksi unjuk rasa yang berpotensi kekerasan,” terang Mantan Kapolsek Sekadau Hilir dan Belitang itu.

Tak lupa pihak kepolisian memberikan arahan tentang UU 19 Tahun 2016 tentang ITE, agar para siswa-siswi tidak mudah percaya berita hoax serta tidak menyebarkannya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda