Wakili Indonesia, Bupati Sergai Hadiri Konfrensi International di Zanzibar Afrika

159

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Tanzania adalah salah satu negara Afrika yang dikunjungi oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara Ir. H Soekirman. Tanzania saat ini telah menerapkan gerakan bebas plastik, dimulai dari kawasan Zanzibar.

Dalam laporan yang diterima langsung dari Bupati Sergai kepada BERITAANDA melalui WhatsApp (WA) dari Zanzibar, Jumat (20/9/2019) malam. Soekirman menceritakan, saat Qatar Airways akan landing, pramugari mengatakan bahwa pemerintah Zanzibar melarang pembuangan sampah plastik.

“Siapa yang buang sampah plastik sembarangan akan ditangkap oleh pemerintah setempat, serta akan didenda dengan biaya yang sangat mahal,” ungkap Bupati Sergai.

“Saya perhatikan, sekitar bandara rasanya biasa saja, akan tetapi saat saya berkunjung ke pasar rakyat memang terlihat tidak ada sampah plastik, walaupun kantong pembungkus sekalipun,” tambah dia.

Bupati juga memaparkan tentang tekanan komunitas lingkungan. Meskipun ban plastic waste sudah dilindungi oleh undang-undang pemerintah yang merupakan inisiatif pemerintah pusat dan DPR-nya Tanzania, namun pada awalnya sekitar 5 tahun lalu dimulai dari para pecinta lingkungan, atau komunitas lingkungan di Zanzibar.

“Gerakan yang penuh kesadaran ini kemudian menjadi gerak bersama elemen masyarakat dan organisasi keagamaan. Zanzibar yang penduduknya sekitar 1,5 juta adalah semi otonomi dan 95% agama Islam. Namun toleransi dan interelasi antar agama yang tertinggi di dunia,” jelas dia.

Kawasan Zanzibar tersebut merupakan bekas kesultanan Oman pada abad ke-8, kini dibawah naungan Republik Tanzania memberi ruang warganya untuk bebas memeluk agama.

Perlu diketahui, Bupati Serdang Bedagai menjadi salah satu pembicara dari Indonesia yang diikuti oleh 10 negara, antara lain dari Tanzania, Indonesia, Germany, Kenya, Cameroon, Rwanda, Congo, Philippines, Sri Lanka, dan Namibia. Konfrensi international ini dibuka oleh 2nd Vice President of Zanzibar, Amb.Seif A.Iddy, bertempat di Zanzibar Beach Resort Hotel. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda