Wabup Sergai Hadiri Bursa Inovasi Desa Cluster IV Tahun 2019

333

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster IV tahun 2019 diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada tingkat kecamatan, meliputi Kecamatan  Dolok Masihul, Bintang Bayu, Serbajadi, Kotarih, dan Silinda. Bertempat di gedung serba guna PT. KHI-Kebun Hevea Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (24/9/2019).

Wabup Sergai H. Darma Wijaya, SE mengatakan, bahwa Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang.

“Kegiatan BID diselenggarakan di tingkat kecamatan atau cluster beberapa kecamatan, sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa. Dengan demikian, BID merupakan bagian tak terpisahkan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID), mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa,” kata dia.

BID juga merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintahan desa untuk memperoleh informasi atau referensi yang dapat mendukung pembangunan desa.

“Ini juga merupakan ajang pertukaran jual-beli, cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa,” jelas dia lagi.

Mewakili Kadis PMD, Samsul Sijabat, SE MM selaku Kabid Usaha Ekonomi Desa dan Pembangunan sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster IV ini.

Sementara panitia pelaksana kegiatan Agus Sunarwan menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri sebanyak 300 orang yang terdiri para kepala desa, Ketua BPD, tokoh perwakilan masyarakat maupun kaum perempuan Tim Inovasi Desa Kabupaten, penyelenggara Bursa Inovasi Desa Cluster IV di lima kecamatan.

“Sedangkan tujuan BID yang dilaksanakan hari ini diantaranya sebagai pengutamaan kegiatan inovasi yang dapat mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana desa menuju peningkatan produktivitas desa secara sistematis. Kemudian meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan serta pengelolaan program oleh pelaku pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ungkapnya.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Manager PT. KHI-Kebuh Hevea H. Hotman Saragih, Camat Dolok Masihul, Serbajadi, Kotari dan Silinda beserta para kades. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda