Verivali DTKSO Dilakukan Pemkab Lambar

166

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Pengarahan Bupati Lampung Barat (Lambar) H. Parosil Mabsus dalam rangka verifikasi dan validasi (verivali) data terpadu kesejahteraan sosial (DTKSO) tahun anggaran 2019 dilaksanakan di aula Rumah Sakit Alimuddin Umar, Jumat (11/10/2019).

Bupati mengatakan, melakukan verifikasi dan validasi data sangat penting karena akhir-akhir ini penyaluran bantuan selalu mendapat persoalan dan sering ada keluhan bahwa bantuan tidak tepat sasaran.

“Kemudian mengakomodir kendala yang ada di lapangan, dan dalam rangka menyempurnakan data lama. Persoalannya ada di pendataan yang kurang akurat, sehingga hari ini harapannya agar peratin, camat, dan operator bersinergi saling membantu, supaya data yang kita serahkan kepada Kementerian Sosial memenuhi indikator yang telah ditentukan,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, jika yang bertugas belum mengetahui tugas pokok dan fungsinya, maka tugas Dinas Sosial mensosialisasikan indikator dan kriteria orang yang berhak mendapat bantuan tersebut, sehingga pihaknya berharap kepada camat dan peratin agar bekerjasama dengan tim operator agar mendapat data yang lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Data ini sangat penting untuk masyarakat dan peratin. Jika ada hal yang belum dipahami peratin dan camat, maka dapat berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Bekerjalah secara optimal dan maksimal, sesuai aturan yang ada. Mari sama-sama kita bersinergi, karena kita sebagai pemimpin bertugas mensejahterakan masyarakat,” jelas dia.

Selain itu Kepala Dinas Sosial Raswan SH MM mengatakan, maksud dan tujuan dalam rangka evaluasi terhadap hasil kerja verivali yang telah melakukan pendataan sejak bulan Mei, dengan harapan agar tim verivali dapat melakukan tatap muka secara langsung kepada masyarakat di wilayah kerjanya, sehingga pekerjaan ini tidak dikerjakan asal-asalan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda