TP PKK OKI Geliatkan Tenun Daerah untuk Pulihkan Ekonomi

23
Hj. Lindasari Iskandar mencoba membuat kain songket. [Sumber Foto Kominfo OKI]

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kain tenun khas daerah dinilai memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Untuk itu, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) optimis potensi ekonomi lokal ini mampu mendorong pemulihkan ekonomi.

“Jadi pengembangan produk lokal ini agar mampu bangkit dan pulih dari pandemi,” ujar Ketua TP PKK OKI Hj. Lindasari Iskandar saat mengunjungi kelompok pengrajin tenun songket ‘Seroja’ Desa Pematang Buluran Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang, Rabu (22/9).

Tidak hanya itu, tambah Lindasari, dengan ragam kekayaan warisan leluhur yang dimiliki dari setiap daerah, pengaruh positif yang diharapkan dapat tercapai bukan hanya dari segi ekonomi kreatif saja, melainkan juga pelestarian akan identitas budaya bangsa.

“Beruntung kita memiliki ragam kain di setiap daerah, tentu memiliki filosofi yang terkandung dan sarat akan makna serta nilai-nilai dari keberagaman budaya,” terang dia.

Hj. Lindasari Iskandar saat mengunjungi Desa Pematang Buluran Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang. [Sumber Foto Kominfo OKI]
Untuk itu, tambahnya, TP PKK OKI berkomitmen menjadi mitra pemerintah mendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM di OKI agar perekonomian masyarakat kembali pulih.

Selain memantau sentra ekonomi, TP PKK OKI juga memantau layanan kesehatan di pedesaan, seperti program pelayanan KB gratis dan pemeriksaan IVA test bagi ibu rumah tangga di Kecamatan SP Padang, serta memberikan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di Kecamatan Jejawi. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda