Tingkatkan Produksi Minyak dan Gas, Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field Lakukan Terobosan Baru

307

BEKASI, BERITAANDA – Untuk meningkatkan produksi minyak dan gas serta hasil samping dari proses pengelolaan gas bumi yakni condensate. PT Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field melakukan terobosan baru.

Seperti halnya yang dikatakan Riki Mayrusdiansyah RAM selaku Ast. Man Tambun Field. Menurutnya, terobosan baru yang dilakukan adalah dengan inovasi berkelanjutan.

Pada tahun ini di 2023, Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field membuat instalasi pipa lilitan tembaga (pilitem) berdiameter ½ inchi, dililitkan pada pipa inlet (feed gas) 6 inchi sepanjang 12 meter pada proses ekstraksi gas (condensate plant), yang dialiri media therminol dengan panas 120 Deg C, dimana bertujuan untuk menaikkan temperature pipa inlet proses ekstraksi gas agar mendapatkan produksi condensate yang lebih banyak.

“Inovasi tersebut sejalan dengan program Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) untuk mengoptimalkan pemanfaatan kondensat dalam negeri. Pemerintah telah membentuk Tim Optimalisasi Pemanfaatan Kondensat Dalam Negeri melalui SK Dirjen Basis Industri Manufaktur Nomor : 10/BIM/ SK/11/2013 tanggal 11 November 2013,” ujarnya didampingi Royan Thalib selaku Ast.Man Production Operation Pendopo Field, Jumat (5/5/2023).

Tim, lanjut dia, beranggotakan dari Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, SKK Migas, PT. Pertamina (persero), Badan Usaha Produsen Kondensat Hilir serta  Badan Usaha dan asosiasi pengguna kondensat.

“Untuk menjaga dan mempertahankan komitmen produksi minyak nasional, dalam pelaksanaan kegiatan operasionalnya, Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field harus tetap memiliki kreatifitas dan inovasi, karena tanpa hal tersebut perusahaan bisa tertinggal dari perusahaan lainya,” jelasnya.

Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field dalam hal ini sudah memberikan ruang kepada seluruh pekerja untuk melakukan improvement serta inovasi, dan hasilnya sebuah produk inovasi yang dapat menguntungkan perusahaan.

“Dalam memberikan inovasi haruslah dilandasi tiga hal penting didalamnya yaitu applicability, replicability serta adoptability,” terangnya.

“Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field bangga terhadap PC prove pilitem, yang telah berhasil meningkatkan produksi condensate serta mengeliminasi pencemaran lingkungan, dan mendukung penuh program Kementerian ESDM. Hal ini sejalan dengan tata nilai AKHLAK Pertamina EP Regional 2 Zona 7 Tambun Field,” ungkapnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda