Tekan Angka Pengangguran, BLK OKI Gelar Latihan Kerja Pertukangan Kayu Hingga Kecantikan

49
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten OKI, S. Sudiyanto Djakfar S.Sos M.Si.

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sebagai bentuk bantuan sosial untuk mengurangi angka pengangguran, Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar latihan kerja pertukangan kayu hingga kecantikan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OKI, S. Sudiyanto Djakfar S.Sos M.Si, membenarkan adanya pelatihan tersebut.

Menurut dia, pelatihan akan digelar selama 16 hari yang dimulai dari tanggal 12 hingga 30 November 2022.

“Sampai tanggal 30, karena ada hari libur di hari Ahad. Dimana ada lima macam pelatihan, diantaranya las listrik, pertukangan kayu, fotografer, kecantikan, dan otomotif,” ungkapnya kepada awak media, Rabu (16/11/2022).

Ia menambahkan, yang ikut pelatihan sebanyak 80 peserta dengan masing-masing jenis pelatihan terdapat 16 orang. Dimana para peserta lebih banyak dari daerah Kayuagung.

“Hal ini karena kita tidak ada tempat untuk menginap. Tetapi ada juga dari daerah jauh, seperti Tulung Selapan atau Sungai Menang. Namun mereka mungkin menginap di tempat keluarganya yang ada di sekitar Kayuagung ini,” ujar dia.

Dikatakannya lagi, para peserta yang ikut berusia minimal 17 tahun dan maksimal 40 tahun untuk menyasar usia produktif. Dimana kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB.

“Mereka yang ikut pelatihan akan kita sampaikan dengan perusahaaan. Kedepan, kita akan melakukan MoU dengan perusahaan untuk merekrut yang telah kita latih,” tutur dia.

Masih kata Sudiyanto, meski peserta tidak bekerja di perusahaan, harapannya para peserta bisa mendirikan usahanya secara mandiri, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

“Untuk tenaga pengajarnya ada dari luar, seperti dari SMKN 1 dan 2 Kayuagung untuk otomotif serta pertukangan. Lalu peserta juga kita fasilitasi seperti bahan pelatihan, transport, makan minum, serta sertifikat keahlian,” jelasnya.

“Sertifikat keahlian sangat penting untuk melamar kerja di perusahaan. Karena saat ini perusahaan menetapkan syarat setiap pelamar harus mempunyai keahlian yang dibuktikan sertifikat tersebut,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda