Tanggap Bencana, Polsek Tulang Bawang Tengah Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung

15

TULANG BAWANG BARAT, BERITAANDA – Sektor Tulang Bawang Tengah Polres Polres Tulang Bawang Barat bergerak cepat membantu warga yang terdampak angin puting beliung di Kelurahan Panaragan Jaya dan Tiyuh Panaragan Jaya Utama Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Angin puting beliung ini terjadi pada Jumat (10/11/2023) malam sekitar pukul 19.00 WIB, yang mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Ndaru Istimawan SIK melalui Kapolsek Tulang Bawang Tengah Kompol Ansori mengatakan, pasca insiden tersebut, pihak kepolisian setempat langsung mendatangi lokasi dan melakukan kerja bakti tanggap bencana ke rumah-rumah warga yang terdampak bencana.

Selain bersih-bersih dan membantu memperbaiki rumah yang rusak, pihak kepolisian juga memulihkan semangat warga terdampak.

“Anggota kepolisian bersama TNI dan BPBD membantu warga untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung,” kata Kapolsek Kompol Ansori, Sabtu (11/11/2023).

Kompol Ansori menjelaskan akibat bencana ini setidaknya ada 23 rumah yang terdampak, yaitu di Kelurahan Panaragan Jaya dan 13 rumah di Tiyuh Panaragan Jaya Utama. Rata-rata rumah warga mengalami kerusakan pada atap yang terbang terbawa angin puting beliung saat bencana terjadi.

“Usai melakukan pendataan warga yang terdampak bencana tersebut, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata kepedulian Polres Tulang Bawang Barat melalui Polsek Tulang Bawang Tengah. Dan kegiatan sosial ini adalah salah satu untuk meringankan beban warga sekaligus sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan kemitraan sebagai wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat.

Kompol Ansori juga menyampaikan rasa empati dan keprihatinan atas apa yang menimpa kepada warga Kelurahan Panaragan Jaya dan Tiyuh Panaragan Jaya Utama yang rumahnya terkena bencana angin puting beliung.

Kepada warga yang terdampak bencana, Kapolsek berpesan untuk sabar dalam menghadapi cobaan. Kemudian kepada para tetangga dan warga sekitar, ia mengajak untuk selalu kompak dalam membantu meringankan beban, baik dengan bantuan materi maupun tenaga seikhlasnya.

“Warga sekitar harus kompak, mari kita bantu saudara kita yang membutuhkan untuk kebersamaan,” ujar Kapolsek.

Sementara itu, menyikapi musim hujan yang sudah mulai intensif dan sering turunnya hujan, bahkan kadang juga disertai oleh angin kencang. Kapolsek Tulang Bawang Tengah menyampaikan imbauan kepada warga agar selalu waspada dan mawas diri untuk antisipasi bencana alam yang bisa saja terjadi.

“Kita sampaikan imbauan kepada warga, terutama di wilayah yang rawan bencana untuk selalu hati–hati dan siap siaga bila terjadi bencana,” tandasnya. (Wawan)

Bagaimana Menurut Anda