Tahun Ini Ada 8 PMI Asal OKI Berangkat ke Jepang

152
Kabid Penta Kerja Disnakertrans OKI Agma Yuska YS.

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Di tahun 2023 ada 8 orang Pegawai Migran Indonesia (PMI) asal OKI berangkat ke Jepang.

Hal ini disampaikan Kepala Disnakertrans OKI Ir. Irawan MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja (Penta Kerja) Agma Yuska YS, Kamis (9/11/2023) kemarin.

“Untuk PMI ada 8 orang yang sudah berada di Jepang. Semuanya itu merupakan keluaran dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) D’Sakura Lempuing,” ujarnya.

Ia menambahkan, LPK D’Sakura ialah tempat bagi orang yang mau magang atau menjadi PMI di Jepang. Dimana untuk bisa berangkat harus memiliki kompetensi bahasa Jepang.

Disinggung berapa banyak pemohon kartu pencari kerja atau AK-1?. Menurutnya, dalam sehari bisa mencapai 3 sampai 4 orang, sehingga dalam 1 bulan totalnya mencapai ratusan orang.

“Paling banyak pencaker ini ialah tamatan SMA/SMK. Diantaranya, SMA 95 orang, SMP 71 orang, SD 56 orang, dan Strata 1 (S1) 1 orang,” tuturnya.

Dikatakannya lagi, untuk masa aktif AK-1 berlaku seumur hidup. Berbeda dari sebelumnya yang hanya berlaku sampai 2 tahun.

“Untuk membuat AK-1 syaratnya cukup membawa seperti KTP, KK, dan ijazah. Setelah itu, dari Disnakertrans OKI yang membantu mendaftar pada aplikasi Siap Kerja,” tutupnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda