Tahap Pertama, 5.813 Kartu Tani Disebar ke 11 Kecamatan di Sergai

104

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adakan penyerahan kartu tani, bertempat di aula Dinas Pertanian Kecamatan Sei Rampah, Selasa (2/6/2020), yang dihadiri oleh Bupati Ir. H. Soekirman, Kadis Pertanian Radianto Panjis SP, MMA, PPL, Gapoktan, Poktan, pimpinan BNI Cabang Tebing Tinggi Maralun Sitompul, SE, dan para penyuluh pertanian.

Kadis Pertanian Radianto Panjis menyebutkan bahwa kartu tani yang diserahkan pada tahap pertama ini berjumlah 5.813 kartu untuk 11 kecamatan, antara lain di Kecamatan Sei Rampah, Pegajahan, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Perbaungan, Tanjung Beringin, Bintang Bayu, Sei Bamban, Teluk Mengkudu, Dolok Masihul dan Pantai Cermin. Selanjutnya untuk 6 kecamatan lagi akan menyusul pada penyerahan kartu tani tahap kedua.

“Kartu tani ini memiliki beragam manfaat, antara lain dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, menjual hasil panen tanpa perantara, kemudahan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudahan mendapatkan bantuan sosial dan bantuan bersubsidi, serta dapat digunakan sebagai tabungan,” jelas dia.

Bupati Sergai Soekirman mengatakan, saat ini kita akan memasuki new normal yang mengatur orang kembali melaksanakan kegiatan seperti biasa, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kartu tani dalam bentuk ATM ini adalah termasuk uang elektronik atau e-money, yang dalam hal ini dapat menghindarkan kita dari peredaran uang fisik yang rentan dapat membawa virus Covid-19.

“Dalam pertanian juga ada politik yang harus kita masuki sebagai masyarakat petani dan penyuluh, yaitu politik pertanian. Sebab, dalam politik pertanian tersebut yang pertama kita harus berfikir untuk surplus, kita bertani adalah untuk mencapai hasil yang lebih banyak dari sebelumnya. Yang kedua adalah swasembada, dan yang ketiga adalah sejahtera. Untuk apa surplus dan swasembada jika tidak sejahterah. Jadi politik pertanian itu bertujuan menciptakan petani yang sejahtera, penyuluh sejahtera dan pemerintah yang sejahtera,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda