Soekirman: Menunjang Perencanaan Harus Didukung dengan Kualitas SDM yang Baik

177

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H .Soekirman  membuka acara seminar pembangunan dengan fokus penguatan SDM perencana, bertempat di Prime Plaza Hotel Kuala Namu Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (2/11/2019).

Bupati Sergai menyampaikan bahwa perencanaan memegang peranan sangat penting dalam menunjang penyelenggaraan pemerintah daerah. Melalui perencanaan yang baik, kesalahan dalam pembangunan akan dapat diminimalisir.

“Perkembangan teknologi yang semakin cepat saat ini berdampak pada tuntutan peningkatan kualitas perencanaan pembangunan pada era digital. Kecepatan dan ketepatan, khususnya dalam proses perencanaan pembangunan sangat diharapkan oleh seluruh pemangku kepentingan,” jelas dia.

Bagi pemerintah daerah, kata bupati, kecepatan dan ketepatan dalam proses perencanaan pembangunan menjadi sangat penting dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan pembangunan yang akan diterapkan dalam rangka pencapaian target kinerja daerah sebagaimana telah tertuang dalam dokumen perencanaan daerah khususnya RPJMD.

“Untuk menunjang perencanaan, tentu harus didukung dengan kualitas SDM yang baik, sehingga dokumen perencanaan yang dihasilkan telah memenuhi seluruh aspek peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kualitas SDM yang baik juga diharapkan dapat membantu kepala daerah dalam menganalisa kondisi mikro ekonomi dan sosial daerah dalam mengambil keputusan yang tepat,” terangnya.

Ia sangat mendukung digelarnya acara ini, dengan harapan seluruh peserta dapat bertambah pengetahuan dan wawasan, sehingga dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Sementara Kepala Bappeda Sergai Ir. Hj. Prihatina, M.Si melaporkan, dalam rangka pembangunan, pemerintah tidak hanya melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan saja, tetapi sekaligus melaksanakan tugas pembangunan, yaitu untuk mengarahkan, menggerakkan, dan mengendalikan pembangunan secara lancar serta meningkatkan kapasitas SDM aparatur perencana.

“Pembangunan daerah bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat di daerah melalui pembangunan yang serasi dan terpadu,” jelas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda