Si Jago Merah ‘Ngamuk’ di Pasar BIM 2 Sungai Menang, 3 Toko Milik Warga Ludes Terbakar

475

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kebakaran hebat kembali terjadi dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OK), kali ini giliran Pasar Bravo Infra Modul (BIM) 2 yang berada di Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang menjadi sasaran amukan si jago merah, Jumat (25/10/2019) subuh.

Tak ayal, walau tidak menelan korban jiwa, namun akibat kebakaran yang terjadi sekira pukul 04.25 Wib tersebut, tiga (3) toko milik warga dengan bangunan semi permanen berikut isinya ludes terbakar, sehingga diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp1,5 miliar.

Adanya peristiwa itu dibenarkan oleh Kasat Satpol PP dan Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten OKI, Aleksander Bustomi, melalui Kabid Damkar, Syawal Harahap, saat dikonfirmasi melalui seluler, Jumat (25/10/2019) siang.

Menurut Syawal, toko yang hangus terbakar yakni milik Cavah yang menjual baju, obat – obatan (apotik) dan jual sayuran. Dengan kontruksi bangunan, atap asbes dan dinding semi permanen. Luas bangunan 15 meter x 20 meter, kerugian ditaksir Rp500 juta.

“Kemudian milik Muji, yaitu toko sepeda dan bengkel motor dengan konstruksi bangunan atap asbes dan dinding semi permanen. Luas bangunan 6 meter x 8 meter, kerugian ditaksir Rp300 juta,” ungkap Syawal seraya menjelaskan, itu hasil laporan yang pihaknya terima dari warga setempat.

Sedangkan untuk toko milik Anton Silahudin menjual mesin diesel dan gudang pakan yang juga ludes terbakar. Lanjut Syawal, konstruksi bangunannya atap asbes dan dinding semi permanen dengan luas 12 meter x 20 meter, kerugian ditafsir Rp700 juta.

“Api cepat membesar karena ketiga toko tersebut juga menjual bahan bakar minyak (BBM) berupa solar dan bensin dalam jumlah banyak. Pada saat kejadian, kanal surut sehingga ketersediaan air di kanal sedikit dan menyulitkan warga memadamkan api,” jelas Syawal.

Dengan kondisi itu, tambah Syawal, api akhirnya baru dapat dipadamkan pukul 07.00 Wib pagi tadi, dengan bantuan mesin alkon desa dan dibantu oleh masyarakat setempat. Adapun penyebab kebakaran masih tahap penyelidikan, dan tidak ada korban jiwa atau luka bakar dalam peristiwa kebakaran tersebut.

“Tim Damkar OKI pasca kebakaran segera akan turun mengecek langsung penyebab terjadinya kebakaran,” pungkas Syawal. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda