Sergai Kembali Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Informatif

259

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meraih penghargaan kabupaten informatif se-Sumut dari Komisi Informasi pada acara yang dilaksanakan di Grand Aston Hotel Medan, Jumat (25/10/2019).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi kepada Bupati Ir H Soekirman.

Bupati mengatakan, sebagai kepala daerah di Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat, dirinya mengapresiasi jajaran Komisi Informasi (KI).

“Sejak awal kami menerapkan keterbukaan informasi publik (KIP) dengan interaksi suka dan duka kami, termasuk sering dipanggil KI terkait persoalan keterbukaan informasi tersebut. Hal ini tentu menjadi pembelajaran kami, yang pahit itu lebih baik untuk mengobati, ketimbang manis namun membuat sakit, dan pada akhirnya hari ini meraih penghargaan yang sangat prestisius ini,” kata dia.

Ia menyimpulkan bahwa kita semua kepala daerah adalah wartawan, dan semua tempat adalah sumber berita. Artinya, kita semua harus dapat memberitakan segala hal yang ada di sekitar kita sebagai bahan informasi dan edukasi bagi masyarakat, sehingga membangun budaya literasi diantara kita.

Kata dia, hingga saat ini terdapat 2/3 penduduk di dunia telah terkoneksi dan sudah hampir hyper-connected. Jika sudah demikian, sekarang bagaimana kita memanfaatkan informasi untuk dapat memberdayakan orang-orang yang telah terkoneksi ini.

“Saat ini, lebih dari 30 aplikasi yang ada di portal Kabupaten Sergai, sementara di desa, ada Sistem Informasi Desa (SID) yang dikelola oleh desa itu sendiri, lebih dari seratus desa telah terkoneksi dengan aplikasi,” jelas bupati.

Di Kabupaten Sergai saat ini, lanjut bupati, seluruh OPD telah melakukan uji konsekuensi yang dapat menyaring informasi yang harus disampaikan maupun informasi yang dikecualikan.

“Untuk penghargaan keterbukaan informasi publik kategori informatif yang kami raih ini sangat menjadi motivasi guna meningkatkan pelayanan informasi publik yang lebih baik lagi,” tegas dia.

Sementara Gubsu H Edy Rahmayadi menyampaikan, kapasitas untuk membuka informasi hendaknya selaras dengan kepentingan dan harkat derajat masyarakat, agar berguna dan memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Terdapat tiga faktor pentingnya informasi bagi kemajuan daerah yaitu, pertama adalah manfaat, yang dijadikan sebagai patokan kita sebagai dasar pelaksanaan keterbukaan informasi publik ini. Bahwa jika keterbukaan informasi yang kredibel tersebut ketika dibuka, harus memberikan bermanfaat bagi orang banyak,” kata dia.

“Kedua adalah keadilan, artinya informasi tersebut diberikan kepada masyarakat dengan adil tanpa memilah-milah. Sedangkan yang ketiga adalah kepastian, bahwa dengan informasi yang kredibel, maka akan memberikan keyakinan dan kepastian investor untuk menanamkan investasinya,” tambah dia.

Sementara Ketua Komisi Informasi Provsu Robinson Simbolon memberikan masukan, kritik dan saran, sehingga semua kegiatan pemerintahan dapat dipertanggung jawabkan secara kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Keterbukaan informasi publik sudah sangat menggembirakan serta on the right track, naikkan komitmen dan mengutamakan keterbukaan informasi bagi seluruh masyarakat agar dapat mengetahui informasi tentang pemerintahan di daerahnya,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda