Satlantas Polres OKI Gencar Sosialisasikan SIM Online

64

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kendati dalam situasi Covid-19 secara masif masih saja merebak, namun hal ini tak mengganggu Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ogan Komering Ilir (OKI) untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Terbukti, pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) online di kantor Satpas yang berada di Jalan Lintas Timur Desa Celikah Kecamatan Kayuagung OKI, tepatnya di belakang Terminal Tipe A ini berjalan normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain memberikan pelayanan bagi masyarakat yang ingin membuat SIM atau melakukan perpanjangan di Satpas tersebut, anggota Satlantas Polres OKI juga gencar dalam sosialisasi SIM online sebagai kelengkapan berkendara.

“Sampai saat ini pelayanan pembuatan SIM, baik yang perpanjangan atau membuat baru masih berjalan normal,” kata Kasat Lantas Polres OKI AKP Beni melalui Kanit Regident IPTU Murriyanto didampingi Baur SIM AIPDA Ikhsan, Selasa (9/2).

Walau begitu, upaya pencegahan Covid-19 tetap digencarkan oleh anggota Satlantas Polres OKI bagi pemohon pembuatan SIM baru maupun perpanjangan SIM, dengan terapkan protokol kesehatan. Kata dia lagi, kita juga terus sosialisasikan SIM online kepada masyarakat.

“SIM online merupakan program dari Dirlantas Polri, jadi kalau ada yang ingin memperpanjang atau membuat SIM baru, memakai KTP manapun bisa di setiap tempat pembuatan SIM,” ujar dia seraya menambahkan, KTP yang digunakan harus elektronik.

Walau online, tetapi pemohon harus datang ke tempat pembuatan SIM, tapi bisa dimanapun. Masih kata dia, jadi tidak lagi mempersulit masyarakat, ketika SIM-nya habis masa berlaku atau tidak punya sama sekali bisa datang ke kantor Satpas terdekat untuk mengurus.

“Syarat pembuatan SIM, fotokopi KTP dua lembar, pas foto 3×4 dua lembar, map biru satu lembar, melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani oleh dokter yang ditunjuk Polri, serta lulus ujian teori dan praktek SIM,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda