Ricuh, Panitia Pilkades di Desa Firdaus Kurang Profesional

419

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Disebabkan tidak profesionalnya panitia pemilihan kepala desa (pilkades) di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), sempat terjadi kericuhan di lapangan sepakbola setempat, Rabu (30/10/2019).

Para awak media saat memantau di lokasi tersebut hingga pukul 14.25 Wib, masih terjadi kericuhan dan  banyak pemilih yang telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum bisa menggunakan hak pilihnya. Sementara mereka telah menunggu antrian yang cukup lama.

Salah seorang pemilih asal Dusun XII yang enggan disebut identitasnya mengatakan, bahwa dirinya sejak jam 9 tadi pagi telah datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), namun hingga berita ini diturunkan belum juga memberikan hak suaranya.

Warga berusia 26 tahun itu menilai, panitia tidak cakap dan kurang profesional. Mereka hanya menyediakan satu pintu masuk saja ke dalam TPS, sementara DPT mencapai 8.700 lebih, hingga menyebabkan ribuan orang terlibat dalam antrian yang membosankan.

Sejumlah warga yang belum menggunakan hak pilihnya melakukan protes kepada panitia. Mereka menuding panitia yang diketuai Azier tidak memiliki kecakapan dan profesionalisme.

Protes itu berujung pada kericuhan. Beberapa warga terlibat keributan dengan panitia sambil mengeluarkan kata-kata kotor.

Camat Sei Rampah, Nasruddin, yang turun ke lokasi TPS juga tak luput dari cercaan para pemilih yang kesal. Sejumlah aparat keamanan dari Polsek Firdaus dan Polres Sergai terlihat berjaga-jaga mengantisipasi meluasnya kericuhan.

Pada pilkades serantak di 121 desa dari 16 kecamatan dalam Kabupaten Sergai untuk periode tahun 2019 – 2025 ini, untuk di Desa Firdaus bertarung 5 kandidat calon kades. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda