Polisi Larang Masuki Jantung Kota Sidimpuan di Malam Pergantian Tahun

211
Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini saat menunjukkan lokasi yang diblokade dan jalur pengalihan arus lalu lintas di malam tahun baru 2022.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan memastikan, jantung kota setempat steril dari kerumunan warga yang hendak merayakan malam pergantian tahun (2022).

Kawasan itu meliputi sekitaran tugu Salak, Alaman Bolak, tugu Air Mancur, termasuk kawasan City Walk. Sejumlah personel gabungan dari unsur TNI/ Polri dan juga pemko setempat akan bersiaga menjaga pintu masuk ke lokasi.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini saat ditemui BERITAANDA, Jumat (31/12) pagi mengatakan, langkah pembatasan mobilitas masyarakat itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus varian Omicron.

“Kita tidak ingin adanya kerumunan orang dalam jumlah banyak di malam pergantian tahun nanti justru memicu penyebaran varian baru Covid-19 (Omicron) di kota kita, mengingat warga berasal dari berbagai daerah,” ujarnya.

Langkah itu, sambung AKBP Juliani, juga dalam rangka memenuhi ataupun tindaklanjut dari intruksi Mendagri No. 66/2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan tahun baru 2022.

“Nantinya, di setiap jalur pintu masuk menuju titik lokasi tersebut akan diblokade, dan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Terhitung mulai pukul 19.00 WIB hingga 02.00 WIB, lokasi-lokasi tersebut steril kerumunan,” tegasnya.

Larangan menyalakan kembang api ataupun sejenisnya di malam pergantian tahun nanti juga akan diberlakukan. Untuk mengatisipasinya, sejumlah personel berpakaian preman pun ditempatkan di titik-titik rawan kembang api.

“Maka itu, mohon kerjasama masyarakat agar kiranya hal ini bisa dipahami dan dipatuhi bersama. Toh, langkah ini juga demi kebaikan kita semua. Kita tidak boleh lengah, tetap waspada dengan ancaman Covid-19,” tandas dia.

Kapolres lantas menekankan, baiknya malam tahun baru 2022 diisi berkumpul dengan keluarga di rumah masing-masing dan tidak bepergian ke tempat keramaian. “Kita isi dengan kegiatan yang penuh manfaat,” ajak Kapolres. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda