Pesan Bupati OKI ke Kades Terpilih: Hidup Sederhana dan Jadi Contoh Masyarakat

155

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar SE melantik 4 kepala desa (kades) di Kecamatan Lempuing Jaya dan Mesuji Makmur hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 26 Juni 2023 yang lalu.

Usai melantik para kades, Bupati Iskandar berpesan tiga hal penting dalam kinerja, yakni bekerja bersungguh-sungguh, hidup sederhana, dan mampu jadi contoh untuk masyarakat di desa.

Bupati mengatakan, untuk melakukan pembangunan di wilayah OKI yang begitu luas perlu sentuhan kolaborasi dan semangat kemajuan dari semua pihak.

“Substansi Pilkades yang telah dilakukan tidak hanya berbicara siapa yang kalah atau menang, tetapi ini adalah amanah yang diberikan langsung oleh Allah SWT. Maka dari itu, harus dilakukan dan dituntaskan dengan sepenuh hati,” ungkap Iskandar usai melantik kades di Desa Suka Maju, Senin (11/9/2023).

“Bekerja dengan kesungguhan karena ingin memajukan desa, ingin menyejahterakan dengan tulus dan ikhlas sepenuh hati. Selanjutnya, hiduplah sederhana, tidak perlu bermewah-mewah. Terakhir, kades harus mampu jadi contoh yang baik bagi masyarakat di desa,” tambah Iskandar.

Iskandar menyadari ada berjuta keinginan masyarakat yang mungkin tidak semua dipenuhi secara personal. Hal ini keterbatasan wewenang, anggaran dan waktu.

“Dalam keterbatasan, kita akan terus memaksimal sumber daya untuk OKI Mandira yang berkelanjutan,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKI Arie Mulawarman S.STP MM menyampaikan ada sebanyak 56 desa yang mengikuti pemilihan serentak pada 26 Juni 2023 yang lalu. Namun karena masa jabatan kades sebelumnya beragam, maka waktu pelantikan disesuaikan dan dilaksanakan secara bertahap.

“Yang dilantik hari ini yaitu Kades Suka Maju Kecamatan Lempuing Jaya, Kades Tanjung Sari 1 Kecamatan Lempuing Jaya, Kades Suryakarta Kecamatan Mesuji Makmur dan Kades Mukti Karya Kecamatan Mesuji Makmur,” ungkapnya.

Arie menambahkan, Kades terpilih akan mengemban amanah sampai dengan 6 tahun mendatang terhitung sejak pelantikan hari ini.

Tokoh masyarakat Desa Lempuing Jaya, Sarmadi ikut menyampaikan ucapan terima kasih, khususnya kepada Bupati OKI atas kontribusinya dalam pembangunan di Bumi Bende Seguguk, khususnya Desa Suka Maju.

“Desa Suka Maju ini seperti kota ditengah hutan. Ini buah kepiawaian Pak Iskandar yang telah membangun OKI melalui camat dan kepala desa untuk membimbing siang dan malam,” kata Sarmadi.

Ia mengaku bangga atas dedikasi Bupati OKI untuk kemajuan mulai dari desa.

“Sebagai wakil tokoh masyarakat, saya akan terus mendukung dan siap berkontribusi untuk kemajuan-kemajuan lainnya,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda