Pertamina EP Adera Field Sigap Tangani Kebocoran Pipa di Benuang

45

PALI, BERITAANDA – Pertamina EP (PEP) Adera Field sigap tangani kebocoran pipa penyalur minyak yang menghubungkan Stasiun Pengumpul (SP) Benuang dan Pusat Pengumpul Produksi (PPP) Pengabuan di Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) Sumatera Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Kebocoran diketahui pada pukul 00.43 WIB oleh operator yang sedang melakukan kegiatan monitoring sumur. Operator tersebut segera menghubungi personel yang bertugas di SP Benuang untuk menghentikan pemompaan.

Selanjutnya, Tim Health Safety Security Environment (HSSE) PEP Adera Field langsung ke lokasi dan memasang snake boom untuk mengisolasi kebocoran, menyedot cairan yang keluar dengan menggunakan vacuum truck, serta melakukan pembersihan di lokasi kebocoran. Sementara itu, Tim Comrel and CID PEP Adera Field segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan pendataan warga yang terdampak.

Head of Comrel and CID Zona 4, Tuti Dwi Patmayanti mengatakan, PEP Adera Field telah berupaya maksimal agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

“Berkat respons cepat dari Tim HSSE PEP Adera Field, kebocoran tidak menyebar dan proses pembersihan dapat segera dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujar Tuti.

Terkait informasi yang sempat beredar mengenai adanya ledakan pada insiden tersebut, Tuti memastikan berita tersebut tidak benar.

“Tidak benar ada ledakan seperti yang diberitakan, hanya kebocoran saja,” tegas Tuti.

PEP Adera Field merupakan salah satu lapangan migas yang beroperasi dalam wilayah kerja Subholding Upstream Regional Sumatera Zona 4. Produksi minyak PEP Adera Field pada Januari 2024 sebesar 2.211 barel minyak per hari/BOPD dan gas sebesar 10,07 juta standar kaki kubik per hari/MMSCFD.

“PEP Adera Field berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan pekerja, operasi, dan lingkungan, serta terus mempertahankan dan meningkatkan aspek keselamatan kerja di setiap kegiatan operasinya,” pungkas dia. (RDT)

Bagaimana Menurut Anda