Permintaan Umroh Membludak, Garuda Indonesia Tambah Penerbangan

107

PALEMBANG, BERITAANDA – Garuda Indonesia menambah penerbangan umroh dari semula dua kali terbang menjadi empat kali terbang, karena tingginya permintaan calon jamaah umroh yang akan beribadah.

General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang Meisye Paulina Tambunan mengatakan, tingginya antusias calon jamaah umroh karena dua tahun umroh tertunda. Jadi saat kembali dibuka antusias calon jamaah umroh membludak.

Antusias tinggi ini juga karena penerbangan umroh saat ini hanya dilakukan dari Jakarta saja, karena hingga saat ini penerbangan internasional masih terbatas selama masa new normal.

“Penerbangan langsung umroh belum bisa dilakukan dari Palembang, jadi masih gabung ke Jakarta saat ini, sehingga kuotanya terbatas karena juga bersaing dengan calon jamaah umroh dari kota lainnya,” ujar Meisye, Jumat (4/2).

Meisye mengatakan, biasanya calon jemaah umroh dari Sumsel saat kondisi normal sebelum pandemi satu musim biasanya, 20 ribu calon jemaah umroh. Itulah sebabnya Sumsel sebelumnya membuka penerbangan langsung umroh.

Meisye mengatakan, waktu umroh saat ini lebih lama yakni 17 hari, karena calon jamaah umroh wajib karantina sebelum umroh dan sesudah sampai di tanah air. Jadi satu hari sebelum terbang ke Madinah, calon jamaah umroh sudah masuk Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Setelah itu, saat sampai Madinah juga calon jemaah umroh akan langsung dikarantina juga sebelum memulai umroh. Setelah itu saat kembali pulang di tanah air juga akan dikarantina lima hari lagi.

“Airline bertanggung jawab terhadap hotel karantina, sehingga hotel harus confirm sebelum keberangkatan,” kata Meisye.

Lamanya waktu umroh plus karantina ini juga membuat biaya juga membengkak, dari semula Rp 20 juta menjadi Rp 35 juta. Meski biaya naik, namun permintaan umroh justru semakin naik pula.

“Hingga kini baru dua penerbangan umroh dari Palembang yang sudah berangkat, karena berbagi dengan calon jamaah umroh dari kota lainnya,” pungkas dia. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda