Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Tapsel: Perbedaan Itu Kekuatan

347

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (1/10/2019), mengajak generasi milenial untuk senantiasa menghargai perbedaan. Perbedaan adalah kekuatan bagi bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, mari bersama menjaga persatuan dan kesatuan demi wujudkan Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas, dan sejahtera,” kata Wakil Bupati Tapsel H. Aswin Efendi Siregar saat menjadi inspektur upacara, di lapangan parade kantor bupati, Kecamatan Sipirok.

Menurutnya, sebagai generasi penerus bangsa, setiap individu atau setiap anak bangsa harus memiliki kewajiban untuk memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi negara.

“Salah satu poin pengamalan Pancasila pada sila ke-2, mengajarkan kita untuk mengakui persamaan derajat, hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. Karenanya, perbedaan bukan untuk diperdebatkan, tapi justru menjadi sebuah kekuatan,” tutur Aswin.

Membacakan ikrar Ketua DPR RI, Husin Sogot Simatupang selaku Ketua DPRD Tapsel menyampaikan bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan.

‚ÄúRongrongan atas NKRI oleh pihak yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara berdatangan dari segala lini, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Hal ini mungkin saja karena kelengahan dan kekurang waspadaan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, ditegaskan Sogot, bangsa Indonesia akan tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momen Hari Kesaktian Pancasila ini, kita bertekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilainya. Pancasila sumber kekuatan, dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI,” tandasnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini turut dihadiri Kajari Tapsel, Ketua PN Padangsidimpuan, para anggota DPRD Tapsel, Wakapolres, Kasdim 0212/TS, sejumlah pejabat Pemkab, Kemenag, PKK, DWP, KNPI, Karang Taruna, BKMT dan seluruh peserta upacara baik TNI, Polri dan ASN se-Tapsel. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda