Pemkab Sintang Gelar Apel Bulanan dan Halal Bihalal Idul Fitri

127

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Usai pelaksanaan libur cuti bersama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang menggelar apel bulanan dan halal bihalal dalam rangka Idul Fitri 1440 Hijriah, dipimpin langsung Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH. Bertempat di halaman kantor Bupati Sintang Jalan Pengeran Muda Keluarahan Tanjung Puri Kecamatan Sintang, Senin (17/6/2019) pagi.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa perayaan Idul Fitri memberikan energi spiritual dan sosial yang berharga untuk seluruh Aparatur Sipil Negara  (ASN) di Kabupaten Sintang yang bertugas melayani masyarakat.

“Setelah sebulan penuh kita di training secara spiritual melalui ibadah puasa, kita memiliki energi spiritual baru ini mengiring kita untuk kembali ke jati diri yang paling orisinil, yakni selaku pelayan masyarakat,” kata Jarot.

Untuk itu Jarot meminta setiap pribadi ASN di Kabupaten Sintang harus kembali ingat bahwa tugas mulianya adalah menyelenggarakan pelayanan publik yang profesional, amanah, adil, dan bertanggung jawab. Karena itu merupakan ladang amal ASN yang patut untuk disyukuri.

“Dengan bekal nilai puasa, ASN diajarkan untuk menahan dan mengendalian diri, sehingga tidak tergoda melakukan dosa profesi, seperti penyalahgunaan wewenang, KKN, sikap arogan dan lain sebagainya,” pesan Bupati Sintang.

Lanjut Jarot, bahwa perayaan Idul Fitri juga memberikan energi sosial baru bagi seluruh ASN. Warisan ibadah puasa mampu melakukan de-individualisasi untuk menggantinya dengan re-alturisasi atau maksimalisasi pengabdian sosial kepada diri setiap ASN harus diresapi kembali, bahwa titik akhir dari cakrawala puasa Ramadhan adalah la’allakum tattaqun, derajat dan kualitas taqwa.

“Konsep ketaqwaan ASN adalah kesungguhan mengabdi dan melayani yang membawa manfaat dan rahmat bagi seluruh kehidupan sosial. Sebab, ASN terbaik adalah yang memberi manfaat maksimal bagi masyarakat dimana ia berada,” jelas Jarot.

Maka dari itu, Jarot mengajak seluruh ASN di Kabupaten Sintang untuk merangkai energi spiritual dengan energi sosial dari perayaan Idul Fitri ini. Jadikan dua energi ini sebagai modal utama menggapai kinerja ASN yang maksimal untuk merealisasikan visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera, didukung penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Dalam kesempatan itu juga, Jarot mengingatkan bahwa baru saja rakyat Indonesia melalui proses pemilu presiden dan wakil presiden serta pemilu legislatif tahun 2019. Dalam proses tersebut yang patut disyukuri bahwa pesta demokrasi yang besar dan strategis itu dapat dilalui dengan aman, lancar, dan terkendali secara khusus di Kabupaten Sintang. Terlebih saat ini masih berlangsung proses gugatan hasil pemilu presiden dan wakil presiden di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Apapun hasil akhirnya, kita harus dapat menerimanya dengan lapang dada. Pesan saya kepada seluruh ASN di Kabupaten Sintang tetap jaga netralitas, hindari penyebaran informasi yang memicu konflik atau bersifat hoax, serta sosialisasikan nilai persaudaraan dan persatuan di tengah masyarakat. Karena salah satu fungsi ASN adalah perekat dan pemersatu bangsa,” pesan Jarot. (Arni/Humas Pemkab Sintang)

Bagaimana Menurut Anda