Pemkab Nias Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah

94

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM didampingi Sekda Kabupaten Nias, Asisten Pemerintahan, Kesra dan Kehumasan membuka secara resmi kegiatan presentasi proposal rancangan inovasi perangkat daerah, bertempat di ruang rapat lantai I kantor bupati setempat, Rabu (25/9/2019).

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB yang disampaikan oleh Ir. Sri Hartini, MM menyampaikan, bahwa lomba inovasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias adalah merupakan bentuk komitmen implementasi gerakan one agency one innovation.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen implementasi gerakan one agency one innovation yang merupakan bentuk dukungan dan dorongan dalam percepatan birokrasi, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 30 Tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik. Untuk itu Kementerian PAN dan RB memberikan apresiasi sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Nias yang melaksanakan kegiatan ini,” ucap Ir. Sri Hartini.

Lanjutnya, kompetisi inovasi pelayanan publik nasional merupakan strategi untuk memunculkan inovasi sebagai upaya pengembangan best practices bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Sebagai apresiasi bagi pemerintah daerah yang terbukti berprestasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publiknya, kami telah bekerjasama dan sepakat untuk memberikan alokasi dana insentif daerah (DID),” ucapnya mengakhiri.

Bupati Nias mengucapkan selamat datang kepada Ibu Ir. Sri Hartini dari Kedeputian Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, yang berkenan hadir selaku narasumber sekaligus tim penilai pada pelaksanaan presentasi proposal yang akan dimulai pada hari ini.

Bupati berharap melalui kegiatan ini, setiap aparatur dan OPD dapat memikirkan cara-cara baru dalam bekerja yang berimplikasi pada peningkatan kinerjanya, sehingga terwujudlah satu OPD minimal satu inovasi melalui sinergitas antara rencana dan orientasi atau disingkat Somasi Saro.

“Lomba ini menjadi salah satu alternatif untuk menanamkan serta menumbuhkan semangat inovasi dalam diri setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias. Sehingga pada akhirnya akan mewujudkan upaya perbaikan, penyempurnaan dan pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan daerah demi terwujudnya visi dan misi Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias tahun 2016-2021, yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Nias yang maju, mandiri, dan sejahtera,” tuturnya.

Selain itu, kata bupati, semangat implementasi inovasi daerah di Kabupaten Nias juga merupakan implikasi dari kebijakan pemberian tunjangan kinerja daerah. Tunjangan ini diberikan dengan pertimbangan objektif dengan memperhatikan kinerja setiap ASN secara elektronik.

“Oleh karena itu, lomba inovasi perangkat daerah ini bukan hanya sebagai ajang untuk sekedar mengikuti gelombang, namun sesungguhnya setiap perangkat daerah diwajibkan untuk mengiplementasikannya dengan sungguh-sungguh, sehingga membawa dampak pada pencapaian kinerja perangkat daerah,” tukas bupati. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda