Pelatih Puslatsus Kolatmar Bina Taruna AAL Angkatan 66 Jadi Penerjun Statik yang Handal

77

PASURUAN-JATIM, BERITAANDA – Pusat Latihan Khusus Kolatmar (Puslatsus) di bawah Komando Mayor Marinir Mohammad Abdillah M.Tr.Opsla selaku Komandan Puslatsus, memberikan kepercayaan kepada Komandan Detasemen Pelatih Para Amfibi Mayor Marinir Tendy Suprabowo menjadi Katimtih terjun para dasar taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 66 di Lanudal Juanda Sedati Sidoarjo, Ahad (2/8/2020).

Selaku Katim pelatih, membawahi 14 pelatih yang berkualifikasi terjun statik dengan misi membekali taruna AAL angkatan 66 menjadi penerjun statik yang siap diberangkatkan di medan tugas.

Taruna AAL angkatan 66 ini melaksanakan terjun statik menggunakan parasut jenis Garuda 1P hasil karya anak bangsa CV. Maju Mapan yang diproduksi di Tulungagung.

Dengan menggunakan alutsista pesawat jenis CN 212 (CASSA) bernomor lambung U-6216 yang dipiloti oleh Mayor Laut (P) Febri beserta crewnya dengan daftar manifest 17, penerjun taruna dibimbing 6 Jumping Master (JM) di shorty 1 adalah Serka Mar Rifa’i sebagai JM1, Koptu Mar Joko Purnomo sebagai JM2, dan Kopda Mar Sapto Margo sebagai JM3. Untuk shorty 2 adalah Kopka Mar Mohammad Supriadi sebagai JM1, Koptu Mar Mistur sebagai JM2, dan Praka Mar bayu sebagai JM3.

“Shorty pertama saya bagi menjadi 2 run. Run pertama 1-8, run kedua 9-17 macam penerjunan fast jump side door (terjun cepat pintu samping), informasi angin timur barat 0-5,” tegas JM1 Serka Mar Rifa’i memberikan pengarah di dalam pesawat pada saat pesawat sudah texy (menuju runway).

Seluruh parasut penerjun mengembang sempurna dan mendarat dengan aman, setelah penerjunan selesai seluruh penerjun melaksanakan pelipatan parasut karena akan digunakan untuk penerjunan berikutnya.

Turut hadir dalam terjun statik perdana taruna AAL Angkatan 66 itu antara lain Kadepmar AAL Kolonel Marinir Tedy Yuliandar Bakrie, Palaklat Para Dasar Taruna AAL angkatan 66 Letkol Marinir Wempy, Komandan Puslatsus Mayor Marinir Mohammad Abdillah M.Tr.Opsla, Katim Pelatih Mayor Mar Tendy Suprabowo, dan Paopslat Kapten Mar Noveludin. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda