Pasien 01 Kota Gunungsitoli Sembuh dari Covid-19

180

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pasien 01 yang positif terinfeksi virus corona di Kota Gunungsitoli akhinya dinyatakan sembuh setelah dilakukan kembali pemeriksaan uji swab TCM, Kamis (9/7/2020) sore.

“Berdasarkan surat keterangan yang kita diterima dari Direktur UPTD RSUD Gunungsitoli, pasien 01 berinisial RL dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab TCM yang dilakukan sebanyak dua kali, yakni pada tanggal 8 dan 9 Juli 2020,” ungkap sekda pada pelaksanaan konferensi pers yang dilaksanakan di ruang rapat lantai satu kantor Walikota Gunungsitoli.

Agustinus Zega mengatakan, untuk rencana pemulangan pasien 01 secara teknis akan dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli dengan RSUD Gunungsitoli.

“Atas hasil pemeriksaan dan perawatan pasien RL selama di RSUD Gunungsitoli, pemerintah kota mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang telah berusaha dan bekerja keras sehingga pasien RL akhirnya dinyatakan negatif Covid-19 (sembuh),” ujar Agustinus Zega, didampingi Wakapolres Nias, Kasdim 0213 Nias, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli.

Sebelumnya, pasien 01 berdomisili di Desa Bawadesolo Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli asal Manado ini tiba di Gunungsitoli melalui Bandar Udara Binaka pada tanggal 11 Juni 2020. Dan pada saat dilakukan rapid test oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli hasilnya non reaktif, dan masuk dalam kategori ODP.

Selanjutnya, pada saat dilakukan rapid test kedua pada hari Selasa(16/6/2020) lalu, ternyata yang bersangkutan hasilnya reaktif sehingga pasien dibawah ke RSUD Kota Gunungsitoli untuk diisolasi serta dilakukan kembali rapid test, namun hasilnya tetap reaktif. Dan hari Rabu (17/6/2020) dilakukan uji swab TCM yang bersangkutan dinyatakan positif dan menjalani isolasi di RSUD kota Gunungsitoli.

Kemudian, setelah dilakukan dilakukan uji swab TCM, melakukan isolasi di RSUD Kota Gunungsitoli selama 14 hari pada tanggal 1 dan 2 Juli 2020 pasien tetap dinyatakan positif dan tetap menjalankan isolasi di RSUD kota Gunungsitoli. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda