Masyarakat Apresiasi PT. Agro Andalan Perbaiki Jalan Kayu Lapis

20
Alat berat milik PT. Agro Andalan yang sedang melakukan perbaikan ruas jalan di wilayah pemeliharaan perusahaan perkebunan lainnya. (BERITAANDA.NET)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Jalan Kayu Lapis di Kabupaten Sekadau merupakan peninggalan PT. Kayu Lapis Barito dan Halisa yang sudah tidak beroperasi lagi. Namun demikian, ruas jalan ini berperan penting menghubungkan beberapa desa di Kabupaten Sekadau, bahkan beberapa desa di Kabupaten Sintang.

Tak kalah pentingnya, jalan ini juga merupakan akses utama bagi beberapa perusahaan perkebunan sawit. Setiap hari, mobilitas angkutan tandan buah sawit (TBS) dan kendaraan operasional perusahaan melintasi jalan tersebut.

Sayangnya, akses dasar kebutuhan masyarakat ini masih berstatus milik perusahaan PT. Kayu Lapis Barito dan Halisa. Akibatnya, sampai saat ini pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten tidak bisa menggelontorkan dana untuk perbaikan atau peningkatan badan jalan.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Perkebunan, Pertanian, Perikanan telah memfasilitasi beberapa perusahaan perkebunan yang menggunakan akses jalan ini untuk pembagian tanggung jawab pemeliharaan, perbaikan, dan peningkatan badan jalan melalui program corperate social responsibility (CSR).

Pembagian tanggung jawab pemeliharaan jalan ini, dibagi ke dalam beberapa luasan sesuai wilayah beroperasinya masing-masing perusahaan.

Dalam aplikasinya, beberapa perusahaan perkebunan sawit melaksanakan perawatan jalan sesuai tanggung jawab dengan baik. Bahkan tidak terbatas pada jalan yang menjadi tanggung jawab pemeliharaan, seperti yang telah dibagi oleh Pemkab Sekadau.

Pantauan di lapangan, saat ini beberapa unit alat sedang melaksanakan pekerjaan perbaikan dan peningkatan jalan Kayu Lapis.

“Itu kata suami saya, alat milik PT. Agro Andalan yang kerja perbaiki jalan, walau di luar areanya,” ungkap salah satu warga di Dusun Seransa, Sabtu (16/10) siang.

Menurut dia, perbaikan jalan Kayu Lapis di daerah Seransa dan sekitarnya telah beberapa kali dilakukan perusahaan perkebunan sawit.

“Di ujung sana ada plang, jalan tanggung jawab PT. Agro Andalan ke atas sana, di bawah ini Agro juga membantu dengan alat mereka,” tambah dia.

Hal senada juga diungkapkan Likun, salah satu penjual sayur keliling. Menurut dia, setiap hari dirinya berkeliling ke kampong-kampung di sekitaran jalan Kayu Lapis dengan sepeda motor dan membawa sayur mayur.

“Kalau ke atas sana, jalannya bagus, sudah jarang ketemu lubang. Jalannya dirawat benar oleh PT. Agro,” tukas dia.

Sebagai pengguna akses jalan tersebut, Likun merasa salut dengan PT. Agro Andalan yang dinilai peduli, meski di ruas jalan yang bukan merupakan tanggung jawab mereka (Agro Andalan).

“Sebagai pengguna jalan, saya pribadi berterimakasih kepada PT. Agro Andalan, ada perhatian untuk perbaiki jalan ini. Sebab, kami juga setiap hari melewati jalan ini,” timpal dia.

Pantauan di lapangan, satu unit alat sedang bekerja melalukan perbaikan ruas jalan Kayu Lapis yang sudah sampai pada Km 03. Di bagian depan alat, terpasang spanduk kecil bertuliskan PT. Agro Andalan yang dapat dibaca secara jelas oleh masyarakat dan pengguna jalan jika berapapasan dengan alat yang bekerja itu.

Sementara di bagian atas jalan, juga terdapat tumpukan material batu untuk penimbunan, terutama di akses jalan yang berlubang dalam. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda