Mahasiswa UBL Ikuti Kegiatan Summer Class Program di Malaysia

330

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Tingkatkan pengalaman pendidikan dan pergaulan internasional, Universitas Bandar Lampung kirimkan mahasiswa dan dosennya mengikuti Summer Class Program (SCP) di Universitas Malaysia Pahang (UMP).

Kegiatan yang berlangsung dari 30 September hingga 5 Oktober 2019 ini difasilitasi oleh International Relations Office (IRO) UBL bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Malaysia Pahang (UMP).

Kegiatan ini diisi dengan pertukaran informasi akademik, perkuliahan bersama, kegiatan di laboratorium dan kolaborasi kegiatan akademik bersama dengan mahasiswa Malaysia di Kampus Gambang, Pahang, Malaysia.

Tujuh mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin dan 2 mahasiswa Prodi Arsitekur UBL serta didampingi 3 dosen UBL antusias mengikuti setiap kegiatan SCP ini. Hal yang menarik bagi mahasiswa, menurut Batara, mahasiswa teknik mesin ini adalah mereka bisa ikut kuliah bersama dengan mahasiswa di Malaysia, dimana perkuliahan dilakukan dalam bahasa Inggris. Kemudian bisa menikmati fasilitas perpustakaan dan laboratorium yang sangat lengkap di UMP. Selain itu bisa ikut di kegiatan sosial, berinteraksi bersama mahasiswa Malaysia seperti main bowling, karaoke dan rekreasi di Pantai Teluk Cempedak dan tempat lainnya.

Menurut Kepala IRO UBL Bery Salatar, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenal sistem perkuliahan di luar negeri serta kerjasama studi untuk program magister atau doktor di UMP.

“Kegiatan Summer Class Program ini memenuhi undangan dari pihak UMP, khususnya Fakultas Sains dan Teknologi yang mengundang mahasiswa kita untuk berkolaborasi mengikuti serangkaian kegiatan akademik dan sosial serta melakukan kerjasama akademik dengan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UBL seperti penelitian bersama, studi lanjut S2 dan S3 bagi mahasiswa dan dosen, program beasiswa bagi mahasiswa dan lainnya,” terang Bery.

Selain kegiatan mahasiswa, juga ada kegiatan untuk para dosen, yaitu saling bertukar memberikan mata kuliah pada sesi mata kuliah yang sedang berjalan.

Dosen UBL Riza Muhida, Ph.D menyampaikan mata kuliah tentang teknologi solar cells di hadapan puluhan mahasiswa UMP dan UBL yang mengikuti program ini. Sementara dari UMP disampaikan oleh Associate Professor Dr. Agus Geter.

Universitas Malaysia Pahang merupakan salah satu universitas negeri di Malaysia, terletak di Pahang Malaysia, dan termasuk 10 top rangking universitas di Malaysia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda