KPU Persiapkan Verifikasi Faktual Paslon Perseorangan Pemilukada Sekadau

214
Gita Rantau.

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Tahapan pemilukada serentak di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau mulai diteruskan dalam verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan.

“Kami telah melaksanakan beberapa langkah awal terhadap syarat dukungan yang diserahkan pasangan calon perseorangan dengan memverifikasi administrasi jumlah syarat dukungan saat penyerahan kepada KPU,” ungkap Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilu, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Gita Rantau S.Sos, Rabu (24/6/2020).

Adapun syarat dukungan yang telah diverifikasi administrasi saat awal didapati hasil jumlah memenuhi syarat (MS) sebanyak 14.364 dan tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 1.938.

Adapun pasangan bakal calon perseorangan yang akan diverifikasi syarat dukungan adalah pasangan AYO (Abdul Hamid – Dr. Yovinus M.Si). KPU juga telah melaksanakan pencermatan dan penyandingan syarat dukungan bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terhadap syarat dukungan pasangan AYO dengan hasil MS sebanyak 14.083 dan TMS sebanyak 2.219.

“Syarat dukungan pasangan calon perseorangan pertama akan diverifikasi faktual oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, untuk memastikan syarat dukungan apakah MS atau TMS,” tambah Gita.

Verifikasi faktual akan dilaksanakan selama 14 hari sejak dokumen diterima oleh PPS dengan rentang waktu 24 Juni – 12 Juli 2020.

Sementara itu, bakal calon wakil bupati pasangan AYO, Dr. Yovinus M.Si saat dikonfirmasi terpisah menyatakan, kami siap memenuhi syarat dukungan yang sudah dibuat dalam undang – undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Terkait masih kurangnya syarat dukungan calon perseorangan di KPU Sekadau yang masih dalam proses tahapan verifikasi faktual, pasangan AYO sudah mengantisipasi hal tersebut.

“Kami sudah menyiapkan syarat dukungan cadangan sebagai pelengkap jika terdapat kekurangan,” ujar Yovinus.

Selaku paslon perseorangan, Yovinus berharap proses verifikasi faktual oleh petugas KPU di lapangan berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda