Jelang Perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024, KPU Nias Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi SIAKBA

72

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Menjelang tahapan perekrutan PPK, PPS dan KPPS pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias gelar sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), Selasa (15/11/2022).

Ketua KPU Kabupaten Nias diwakili anggota, Elisati Zandroto menyampaikan, pihaknya telah melaksanakan beberapa tahapan. Dan saat ini lagi melaksanakan tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024 mendatang.

“Seiring tahapan verifikasi parpol yang sedang kita laksanakan, dalam waktu dekat KPU Nias juga akan melaksanakan tahapan perekrutan Badan Adhoc, yakni perekrutan PPK, PPS dan KPPS untuk pemilu tahun 2024 mendatang,” terangnya.

Jelasnya, pada system perekrutan Badan Adhoc pemilu tahun 2024, berbeda dari pemilu sebelumnya yaitu menggunakan teknologi informasi berbasis web yang bersifat online melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

“Perekrutan melalui aplikasi SIAKBA adalah hal yang baru bagi kita. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan perhatian kita semua untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini, “jelasnya.

Ketua Bawaslu Nias Nofan Kurniat Hura mengapresiasi kegiatan sosialisasi aplikasi SIAKBA yang dilaksanakan oleh KPU Nias.

Ia berharap pada perekrutan Badan Adhoc, KPU Nias memegang prinsip jujur, tertib dan berkekuatan hukum.

“Kita dari Bawaslu Nias mengajak seluruh masyarakat dan stakekholder untuk sama-sama mengawal dan mengawasi perekrutan PPK, PPS dan KPPS guna mewujudkan penyelenggara yang profesional,” imbaunya.

Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Divisi SDM dan Parmas, Sitori Mendrofa menambahkan, untuk perekrutan Badan Adhoc pada pemilu tahun 2024, KPU RI telah menciptakan alat untuk memudahkan masyarakat mendaftar menjadi calon PPK, PPS dan KPPS secara online dengan mengunjungi laman SIAKBA melalui tautan siakba.kpu.go.id.

SIAKBA merupakan aplikasi pendukung yang digunakan untuk memfasilitasi pelaksanaan seleksi anggota KPU provinsi, KPU kabupaten/kota dan Badan Adhoc.

“Dengan adanya aplikasi SiAKBA ini, masyarakat yang mau bergabung menjadi penyelenggara tidak lagi harus datang ke kantor KPU, tetapi dari rumah juga bisa mendaftar. Begitu juga dengan berkas-berkas yang dipersyaratkan juga bisa di upload dari rumah melalui aplikasi ini,” ujarnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda