GM Agro dan Panglima Jilah Apresiasi Pulo Kabayan Mondi

40

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Dibukanya keramat pulo kabayan dan penanaman patak di Desa Mondi Kecamatan Sekadau Hulu, diapresiasi pihak perusahaa Agro Andalan (AAN) dan juga Panglima Jilah Pemimpin Pasukan Tariu Borneo Bangkule Rajak Kalimantan.

“Kami siap membantu masyarakat di daerah tempat kami beroprasi. Ini sesuai kearifan lokal warga dan perusahaan akan mendukung,” ujar Imanuel Tibian, General Manager PT AAN, Kamis (29/10/2020).

Dikatakan Imanuel, sesuai kehidupan sosial bermasyarakat, maka perusahaan akan mendukung warga dalam kegiatan konservasi adat budaya. “Juga di desa ini agar hubungan baik warga dan perusahaan tetap terjalin,” pinta Imanuel.

Sementara itu, Panglima Jilah, Agustinus, mengajak semua pihak untuk mengingat pepatah lama, dimana bumi dipijak disitu langit di junjung, dan harus menghormati adat budaya. “Saya bangga dengan daerah Mondi yang masih menjaga kearifan lokal dan tempat ini menjadi cagar budaya,” kata Agus.

Ia berpesan agar pulo kabayan dilestarikan serta tidak dirusak. Diharapkan kedepanya dikelola,  bekerjasama dengan pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten serta pihak terkait. “Tempat ini kalau bisa dikukuhkan kembali menjadi lahan adat masyarakat,” tukas Agus.

Ia juga meminta adanya kerjasama perusahaan dan pemerintah desa dalam penataan dan pengelolaan aset warisan budaya leluhur warga Mondi. “Ormas Tariu Borneo hadir untuk melestarikan adat budaya Dayak dan menjaga kelestarian alam di tanah Dayak Borneo,” ungkap dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda