Gara-gara Sabu, Terdakwa Yasmedi Terancam Hukuman Penjara 3 Tahun Lebih

629

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kayuagung, terdakwa Yasmedi (30) dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Andi Haqiqi SH selama 3 tahun 6 bulan penjara, Rabu (2/10/2019).

Dalam persidangan itu, terdakwa asal Dusun I Tulung Secangkung Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini dituntut bersalah melakukan tindak pidana setiap orang yang menyalahgunakan narkotika golongan 1 bagi diri sendiri. “Yakni terdakwa melanggar dalam Pasal 127 (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” kata jaksa.

Terungkap, perbuatan terdakwa terjadi Rabu (1/5/2019) sekira pukul 11.00 Wib, bertempat di jalan poros Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten OKI. Berawal dari terdakwa berangkat dari rumahnya menuju Pasar Cengal dengan mengendarai motor Kawasaki KLX tanpa nopol dengan tujuan hendak membeli narkotika jenis sabu-sabu kepada T (DPO).

Setelah bertemu dengan T di depan rumahnya, terdakwa mengatakan kepada T bahwa akan membeli sabu paket kecil, sambil memberikan uang ke T sebesar Rp200 ribu. Setelah diterima, T langsung masuk rumah dan beberapa saat kemudian keluar rumah memberikan 1 bungkus plastik bening berisi narkotika kepada terdakwa.

“Oleh terdakwa, sabu tersebut dimasukkan dalam kotak rokok. Kemudian dimasukkan dalam saku celana belakang sebelah kanan dan langsung pergi untuk pulang ke rumah dengan menggunakan motornya,” ungkap jaksa.

Rupanya, sekira pukul 11.00 Wib, terdakwa melintas di jalan poros Desa Cengal. Ada beberapa anggota Polsek Cengal yang sedang melakukan razia dan menghentikan motor terdakwa, lalu melakukan penggeledahan. Ditemukan 1 bungkus sabu dalam plastik bening di saku celana bagian belakang.

“Saat diinterogasi, barang haram itu milik terdakwa yang didapat dengan cara membeli dari T, lalu terdakwa dibawa ke Mapolsek Cengal,” ucap Jaksa Haqiqi.

Majelis hakim diketuai Eddy D Sembiring SH MH dengan anggota Irma Nasution SH dan Firman Jaya SH menunda sidang untuk terdakwa pada pekan depan, dengan agenda pembacaan amar putusan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda