Feby Lustia Deru: Sedyo Mulyo OKI Bisa Jadi Contoh Desa Berprestasi di Sumsel

365

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) harus menjadi motivasi dan contoh bagi desa-desa yang lainnya. Demikian dikatakan Ketua Tim PKK Provinsi Sumatera Selatan Feby Lustia Deru ketika kunjungan kerja dan pembinaan lomba 10 program PKK tingkat provinsi di desa tersebut, Rabu (16/10/2019).

Dikatakannya, pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten OKI sudah berjalan dengan sangat baik, karena sudah terbukti sangat sulit ditemui jika pembangunan sebuah desa yang pelosok seperti Desa Sedyo Mulyo ini sangat pesat serta cantik mempesona, serta sudah menorehkan prestasi di tingkat nasional, terbaik ketiga lomba inovasi tahun ini.

Lanjutnya, Tim PKK Provinsi Sumatera Selatan sudah pernah menyabet terbaik kedua dan juga ketiga lomba 10 program PKK tingkat nasional.

“Dan kita cermati kekalahan kita pada bidang sekretariatan tata tertib administrasi saja. Hal tersebut telah kita evaluasi, yang nantinya jika Desa Sedyo Mulyo ini berhasil menjadi pemenangnya tingkat Provinsi Sumsel, tentunya akan berkompetisi di Jakarta, maka itu kita targetkan menjadi terbaik pertama di Indonesia,” jelas dia.

Dirinya berpesan pada PKK, terutama pokja satu bidang meningkatkan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih. Karenanya, akan memperbaiki harkat dan martabat dengan berkomunikasi antar keluarga, sehingga mengantisipasi kekerasan pada anak-anak, seperti kasus perkosaan yang dilakukan orang terdekat.

“Contohnya bapak tiri, hal ini jangan sampai terjadi lagi,” pintanya.

Sedangkan Sri Haryatun selaku Ketua PKK Desa Sedyo Mulyo, sangat tersanjung dengan kedatangan rombongan tim PKK Provinsi Sumsel di desa yang aman, sehat, rapi, dan indah (ASRI). Semoga dengan kehadirannya memberikan sprit, bimbingan, serta penyuluh tambahan ilmu tentang PKK bagi Desa Sedyo Mulyo.

“Kami atas nama masyarakat Sedyo Mulyo sangat berterimah kasih atas bimbingan dan binaan Tim PKK Kecamatan Mesuji Raya, juga Kabupaten OKI, sehingga kami bisa mengikuti lomba program 10 PKK tingkat Provinsi Sumsel ini. Harapannya, dengan segala usaha secara maksimal, kami sudah memberikan yang terbaik demi nama besar Bumi Bende Seguguk. Kami berharap kembali menjadi yang terbaik di Provinsi Sumsel pada lomba 10 PKK tahun ini,” cetusnya.

Diterangkan Sri Haryatun, bahwa Desa Sedyo Mulyo telah menorehkan berbagai prestasi, baik tingkat kecamatan, kabupaten, dan Provinsi Sumsel. Seperti posyandu terbaik 2010, juara pertama TOGA 2012 tingkat Kecamatan Mesuji Raya, juara pertama lomba PHBS Kabupaten OKI 2014 dan Provinsi Sumsel 2018, dan terbaik program 10 PKK dan hatinya PKK Kabupaten OKI 2018, serta tingkat nasional juara ketiga lomba kebersihan dan inovasi desa 2019.

“Kami sadar, walaupun sudah bekerja secara maksimal dan memberikan yang terbaik, masih banyak segala kekurangan. Maka itu dengan bimbingan dari Tim PKK Provinsi Sumsel ini menjadikan motivasi yang berharga bagi kami, Tim PKK Desa Sedyo Mulyo,” tukas Sri Haryatun. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda