Dukung Ketahanan Pangan, Kapolres Sidimpuan Tabur 12 Ribu Benih Lele

422

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Masyarakat Kota Padangsidimpuan hingga kekinian masih harus dipusingkan dengan adanya pandemi Covid-19. Perekonomian terganggu dan itu dibuktikan dengan daya beli yang melemah, ketahanan pangan dipastikan di bawah bayang-bayang ancaman.

Sadar terhadap kondisi yang sangat riskan ini, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini berinisiatif dan mengajak segenap jajarannya untuk mengambil peran. Hal-hal apa saja yang dipandang efektif mengantisipasi menipisnya ketahanan pangan di tengah badai wabah Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir.

Inisiatif inipun diimplementasikan dengan inovasi budi daya ikan lele. Kapolres memimpin langsung jajarannya, Selasa (2/6/2020) sore, menuju Desa Baruas Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Disini, korps Tribrata Polri tersebut melakukan penaburan sedikitnya 12 ribu benih ikan lele ke sejumlah bidang kolam warga.

“Kita sadar betul, sesungguhnya pandemi Covid-19 ini dapat berdampak pada ketahanan pangan. Karena itu, pembudidayaan lele ini diharap dapat mengantisipasi serta mendorong perekonomian masyarakat,” ungkap Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, di sela kegiatan penaburan belasan ribu benih lele.

Polwan pertama menjabat Kapolres di Padangsidimpuan itu pun mengimbau seluruh jajarannya untuk senantiasa mendukung berbagai program pemerintah, khususnya dalam hal ketahanan pangan. Diyakini dengan cara-cara efektif seperti budi daya ikan lele potensial mencegah terjadinya krisis pangan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita juga berharap kegiatan ini dapat memotivasi kepala desa lainnya untuk kemudian mendorong masyarakatnya menekuni jenis usaha yang bersifat dapat memperkuat ketahanan pangan di daerah kita. Terlebih lagi topografi wilayah kita sangat mendukung untuk lahan pertanian maupun perikanan,” harap AKBP Juliani.

Kasubbag Humas Polres Padangsidimpuan IPTU Maria Marpaung mencontohkan akan arahan Kapolres, dimana masyarakat dapat memaksimalkan potensi dalam hal bercocok tanam berbagai buah-buahan dan sayuran yang tentunya juga dapat menambah stok pangan.

Kegiatan tabur benih lele ini diikuti Wakapolres Kompol M. Dalimunthe, Kabag Ops Kompol Aswat Tarigan, Kasat Narkoba AKP Sammailun Pulungan, Kasat Reskrim AKP Bambang H. Tarigan, Kasat Intelkam AKP Ahmad Fauzi, Kapolsek, Kepala Desa Baruas Mukmin Harahap, serta masyarakat setempat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda