Diiringi Penghormatan, Jenazah Kapten Afwan Dibawa ke Rumah Duka

20

JAKARTA, BERITAANDA – Jenazah pilot Sriwijaya Air SJ182, Kapten Afwan berhasil teridentifikasi oleh tim DVI Polri. Pagi ini, sang istri beserta keluarga menjemput jenazah Kapten Afwan di RS Polri Kramat Jati.

Berdasarkan pantauan, pukul 09.20 Wib, pihak keluarga termasuk istri dari Kapten Afwan tiba di Posko Post Mortem pesawat Sriwijaya Air SJ182, Sabtu (30/1). Mereka langsung duduk di depan ruang Posko Poste Mortem. Terlihat rombongan mereka terdiri dari 2 orang.

Istri dari Kapten Afwan terlihat mengenakan baju berwarna putih, hijab berwarna hitam serta khimar berwarna hutam. Terlihat juga seorang perempuan yang mendampingi istri dari Kapten Afwan.

Kemudian ada 6 orang dari pihak Sriwijaya Air juga terlihat turut hadir dalam pengambilan jenazah dari Kapten Afwan. Mereka terlihat mengenakan seragam pilot lengkap beserta atributnya untuk menghormati jenazah dari Kapten Afwan.

Jenazah Kapten Afwan diberangkatkan ke rumah duka pukul 09. 35 Wib. Sebelum diberangkatkan, jenazah Kapten Afwan diberikan upacara penghormatan oleh perwakilan dari Sriwijaya Air untuk mengenang jasa dari pilot Kapten Afwan. Terlihat istri Kapten Afwan menangis melihat pada momen penghormatan itu.

Jenazah Kapten Afwan dibawa menggunakan ambulance RS Polri. Turut masuk ke dalam mobil ambulans istri serta pihak perwakilan dari keluarga Kapten Afwan.

Semantara itu, Direktur Operasional Sriwijaya Capt Didi Iswandy menyampaikan rasa dukacita bagi keluarga Kapten Afwan. Kepulangan Kapten Afwan turut memberikan duka bagi segenap birokrasi Stiwijaya Air.

“Innalillahi wainnailaihi roji’un telah berpulang kawan kami kapten afwan penerbangan 9 Januari SJ182 CKG-Pontianak. Izinkan saya dari birokrasi mewakili dari Sriwijaya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan,” ujar Didi kepada wartawan.

Didi juga berterima kasih kepada TNI Polri, Tim DVI dan seluruh tim yang terlibat dalam proses pencarian jenazah korban Sriwijaya Air SJ182. “Iznkan pada kesempatan hari ini saya menyampaikan terima kasih kepada TNI Polri tim DVI dan seluruh tim yang terlibat dalam proses pencarian Kapten Afwan,” kata Jefferson.

Didi mewakili direksi Sriwijaya Air menyerahkan jenazah Kapten Afwan kepada keluarganya untuk selanjutnya dilakukan prosesi pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP), Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor sekitar pukul 12.15 Wib.

“Mohon doa kepada Kapten Afwan agar dapat diampunkan dari segala kesalahan dan dilipat gandakan ibadah di dunia ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan kepada keluarga kami selalu mendoakan,” ungkap Jefferson.

“Mohon didoakan agar prosesi ini agar berjalan dengan lancar,” lanjutnya.

Diketahui, kenazah pilot Sriwijaya Air SJ182, Kapten Afwan, dapat diidentifikasi oleh tim DVI Polri. Pihak keluarga akan menjemput jenazah Kapten Afwan pagi ini ke RS Polri Kramat jati.

“Pagi ini, istri almarhum yang akan menjemput langsung ke RS Polri,” kata kerabat Kapten Afwan, Azis Indra, Sabtu (30/1).

Azis mengatakan setelah itu almarhum Kapten Afwan akan disemayamkan di rumah duka di Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE). Jenazah Kapten Afwan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor sekitar pukul 12.15 Wib

“Prosesi pemakaman, doa dan tabur bunga sekitar pukul 12.15 Wib,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku sudah menginstruksikan jajarannya agar menyiapkan makam untuk jenazah Kapten Afwan. Lokasi yang disiapkan itu di TMP Pondok Rajeg Cibinong.

“Tadi siang saya dapat kabar dari keluarga, jenazahnya sudah berhasil diidentifikasi, maka kami sedang siapkan makamnya,” kata Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Jumat (29/1), seperti dilansir Antara.

DVI Polri kembali berhasil mengidentifikasi jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 hari ini. Ada 3 jenazah yang teridentifikasi, salah satunya sang pilot, Afwan RZ.

“Sampai sore hari ini, tim berhasil mengidentifikasi kembali, ada 3 korban,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat konferensi pers di Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati Jakarta Timur, Jumat (29/1).

Selain Kapten Afwan, dua jenazah yang teridentifikasi adalah kakak-adik asal Sragen, Jawa Tengah, yaitu Suyanto (40) dan Riyanto (32).

Rusdi menerangkan sampai hari ini DVI Polri berhasil mengidentifikasi 58 jenazah korban Sriwijaya Air SJ182. Rinciannya, 30 laki-laki dan 28 perempuan. [detik.com]

Bagaimana Menurut Anda