Diduga Tidak Berfungsi, Poskesdes Dijadikan Tempat Tinggal Kadus

268

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Diduga tidak berfungsi untuk pelayanan masyarakat, Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang terletak di Dusun 12  Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara dijadikan tempat tinggal oleh seorang oknum kepala dusun (kadus).

Sumber yang didapat oleh para awak media dari warga sekitar yang tidak mau disebutkan namanya, Selasa (25/6/2019), mengatakan bahwa Poskesdes itu sebelumnya Mushola, dan diwakafkan untuk pembangunan Poskesdes sekitar tahun 2010.

Tapi saat ini terkesan sudah tidak berfungsi lagi, dan diduga telah ditempati seorang oknum kadus berinisial IP hampir 2 tahun. “Karena menikah dengan seorang bidan inisial AZ, diketahui bertugas di Puskesmas Pantai Cermin,” katanya.

Ia juga menyebutkan bila ada warga desa mau berobat, saat dipanggil tidak mau keluar, dan pintunya sering ditutup.

“Informasinya bidan tersebut bertugas di Puskesmas bukan di Poskesdes Desa Celawan,” ucap warga tersebut.

Warga juga mengatakan bahwa pelayanan kesehatan tidak berjalan semestinya. Poskesdes itu hanya sebagai pajangan saja. Mereka berharap, Poskedes ini kalau bisa diaktifkan, dan dilakukan pembenahan pelayanan. Sebab, ini untuk kepentingan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Celawan Tuhadi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya (HP), membantah bahwa Poskesdes itu tidak berfungsi, tapi membenarkan bahwa Poskesdes tersebut ditempati oleh kadus dengan istrinya.

“Berfungsi kok. Ya benar, ditempati kadus karena istrinya bertugas jadi bidan Poskesdes,” kata Kades Celawan singkat. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda