Cegah Pelajar Ikut Aksi Demonstrasi, Binmas Polres Sekadau Binluh ke Sekolah

238

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Guna mencegah adanya aksi pelajar yang terlibat dalam demonstrasi, Kepolisian Resor Sekadau melalui Sat Binmas mengadakan pembinaan dan penyuluhan (binluh) ke sekolah menengah di Sekadau, Selasa (1/10/2019) pagi, dipimpin Kasat Binmas IPTU Masdar.

Dalam binluh kali ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Keling Kumang yang diikuti dewan guru dan pelajar sekolah setempat.

Sementara pihak sekolah menyambut baik diadakannya penyuluhan ini, bahkan meminta binluh oleh Kepolisian dilaksanakan secara rutin.

“Kami berharap kegiatan binluh dapat terus-menerus dilaksanakan di SMK Keling Kumang ini, guna menjadi tuntunan yang positif terhadap siswa siswi kami,” ujar Kepala Sekolah SMK Keling Kumang Petrus Rendon S.Pd.

Sedangkan IPTU Masdar dalam penyuluhan tersebut menyampaikan situasi terkini, baik di wilayah hukum (wilkum) Kabupaten Sekadau maupun sitkamtibmas secara nasional tentang beberapa kejadian yang menonjol.

“Terutama tentang adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan di beberapa daerah,” terang IPTU Masdar.

Menyikapi adanya unjuk rasa yang terjadi di beberapa tempat yang melibatkan mahasiswa maupun pelajar SMK/SMA sederajat, maka pihak Polres Sekadau menghimbau agar siswa-siswi SMK Keling Kumang Sekadau jangan ada yang turut serta dalam melakukan aksi unjuk rasa tersebut.

“Pihak sekolah agar dapat memantau dan menginformasikan kepada Polres Sekadau apabila ada mendengar informasi adanya indikasi aksi unjuk rasa yang akan dilakukan siswa-siswi SMK Keling Kumang Sekadau,” pesannya.

Dalam kesempatan ini, IPTU Masdar juga menyampaikan surat edaran Kemendikbud Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019 tentang pencegahan keterlibatan peserta didik dalam aksi unjuk rasa yang berpotensi kekerasan dan memberikan arahan tentang UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE, agar para siswa-siswi tidak mudah percaya berita hoax dan tidak menyebarkannya.

Di akhir kegiatan, diadakan pengucapan ikrar oleh pelajar SMK Keling Kumang untuk menolak aksi demonstrasi. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda