Cegah Karhutla, Sekda Tapsel: Instansi Terkait Punya Peran Penting

284

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel) Parulian Nasution menegaskan, betapa pentingnya peran instansi terkait dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Penegasan itu disampaikannya ketika membuka kegiatan rencana aksi daerah penanganan karhutla tahun 2019, yang dihadiri Kalaksa BPBD H. Ilham Suhardi diikuti Kabid Kedaruratan dan Logistik H. Hotmatua Rambe, di aula Torsibohi Nauli Hotel Sipirok, Kamis (17/10/2019).

“Untuk mengantisipasi bencana karhutla, khususnya di Tapanuli Selatan, maka dukungan dan peran serta yang konstruktif dan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait sangatlah perlu bahkan mempengaruhi,” sebut Parulian dalam sambutannya.

Dalam melakukan pencegahan dan pemadaman dini, menurut dia, perlu adanya pendekatan serta penyadaran kepada masyarakat sekaligus sikap sigap untuk bertindak, demi menjaga kelestarian lingkungan sekitar dari dampak buruk karhutla.

Karenanya, untuk langkah antisipasi sebelum dan atau sedang terjadinya karhutla, perlu kerjasama solid, serius, dan koordinatif bersama. Baik itu TNI, Polri, OPD terkait, pemerintah kecamatan, perusahaan swasta, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi relawan, maupun organisasi non pemerintah lainnya.

Sesuai laporan Kabid Rehabilitasi dan Konstruksi, Darma Jaya, kegiatan ini didasari surat keputusan Kepala BPBD Kabupaten Tapsel No. 800/402/2019, yang bertujuan untuk mengantisipasi serta meningkatkan kesiap-siagaan dalam menghadapi potensi karhutla.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, mulai 17 hingga 18 Oktober 2019. Total keseluruhan peserta sebanyak 50 orang, terdiri dari unsur kepolisian, TNI, kecamatan, serta perusahaan swasta. Narasumber didatangkan dari Polres Tapsel dan Manggala Agni. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda