Cegah DBD, Tim Puskesmas Pegajahan Terjun ke Lapangan

320

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Tim Puskesmas Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara mengunjungi pasien yang diduga terjangkit DBD, Panji Kurniawan (12), di kediamannya yang beralamat di Dusun IV B Desa Pegajahan, Selasa (25/6/2019).

Kepala Puskesmas Pengajahan dr. Yanes G.H Manalu mengajak masyarakat untuk bekerjasama dalam hal kebersihan, serta tidak membiarkan sampah berserakan.

“Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, betapa pentingnya dukungan seluruh elemen desa dalam pelaksanaan kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM),” kata dia.

Lanjut dia, dalam STBM ini ada 4 pilar yang harus dilaksanakan, antara lain stop buang air besar sembarangan (SBS), pengelolaan sampah rumah tangga dengan baik, pengelolaan limbah cair rumah tangga, serta pengamanan makanan dan minuman memenuhi kaidah kesehatan (memenuhi syarat kesehatan).

“Dengan terlaksananya STBM, maka faktor-faktor penyebab masalah kesehatan lingkungan di masyarakat dapat ditekan, sehingga derejat kesehatan masyarakat pun dapat meningkat,” kata dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda