Camat Angkola Muaratais: Karang Taruna Bisa Lahirkan Program Brilian

1019
Camat Angkola Muaratais, AM. Fadhil Harahap, diapit Ketua Panitia Perlombaan Boru Namora Tahun 2019, Susanto, serta pengurus Karang Taruna Kecaman dan Desa/Kelurahan, saat menghadiri kegiatan di Mess Pemprovsu, Padangsidimpuan.

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kecamatan senantiasa menantikan program-program brilian yang akan dihadirkan Karang Taruna Angkola Muaratais. Pemuda diharapkan jangan lengah oleh zaman dan harus mampu menghasilkan ide serta gagasan terkait permasalahan sosial.

“Selaku camat, kami mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan Karang Taruna Angkola Muaratais,” ungkap AM. Fadhil Harahap selaku Camat Angkola Muaratais, Tapanuli Selatan, baru-baru ini, usai menghadiri acara pembekalan Boru Namora (Duta Karang Taruna), di Mess Pemprovsu, Padangsidimpuan.

Fadhil pun menyampaikan, sejauh yang dilakukan adalah demi mewujudkan visi dan misi Bupati Tapanuli Selatan untuk mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera, pihaknya tidak pernah ragu mengambil kebijakan apapun menuju perwujudan itu.

“Kami siap membantu dan memfasilitasi apapun, terkait program-program untuk pembinaan Karang Taruna di Angkola Muaratais selaku kecamatan termuda dan terbaru. Insya Allah, dalam waktu cepat, kita akan menyesuaikan program kekarang tarunaan agar supaya sejajar dengan kecamatan lainnya,” imbuhnya.

Upaya percepatan perwujudan, camat melalui surat bernomor 410/310/2019 tentang persiapan murenbang RKPDes/Kel tahun 2020, tertanggal 24 Oktober 2019, meminta para kepala desa/lurah agar menyertakan peran pemuda dalam pembangunan sosial kemasyarakatan.

Dalam surat tersebut, Camat Angkola Muaratais tegas meminta kepala desa dan lurah se-Angkola Muaratais untuk turut mengakomodir usulan-usulan yang bersifat dapat meningkatkan perekonomian dan pembukaan lapangan kerja bagi kalangan muda.

“Sesuai pengamatan, kepemudaan yang tergabung dalam karang taruna baik itu kecamatan, desa, dan kelurahan, telah menggagasi berbagai macam usulan menuju kemandirian. Atas hal itu, kami memberi apresiasi yang tinggi sehingga meminta elemen desa/kelurahan dapat mendukung sepenuhnya,” urai Fadhil.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Angkola Muaratais, Indra Syahbi Marpaung, didampingi Ketua Karang Taruna Desa Pangaribuan, Fahmi Khoir Ag, ditemui BERITAANDA, Jumat (25/10/2019), mengaku, pemberdayaan kepemudaan di bawah kepemimpinan AM. Fadhil Harahap kian diperhatikan.

“Harus kami akui, beliau (camat) sangat peduli terhadap karang taruna selaku organisasi sosial, sebagai wadah dalam mengentaskan permasalahan sosial di lingkungan masyarakat. Beliau selalu responsif atas persentase masalah sosial yang kami uraikan, dan mengajak kami untuk bersama-sama mencarikan solusi penanganannya,” sebut Indra.

Dikatakannya, pemerintah kecamatan sangat membantu banyak dalam segala aspek. Hal tersebut semakin memotivasi pihaknya untuk lebih mampu serta bisa menciptakan berbagai inovasi maupun terobosan jitu yang muaranya bertumpu pada keberadaan karang taruna benar-benar dirasakan manfaatnya.

“Terimakasih atas perhatian Bapak AM. Fadhil Harahap kepada kami (karang taruna). Tentunya, amanah yang telah dipercayakan, akan kami rawat dengan mempersembahkan kemampuan terbaik untuk bisa mensukseskan kesejahteraan sosial kemasyarakatan, khususnya pada aspek kepemudaan,” sebut Indra.

Tak lupa, Indra juga menyampaikan rasa bangganya terhadap figur Ketua Karang Taruna Tapanuli Selatan. Abanganda Ahmad Bangun Ritonga, ujar dia, tidak pernah lelah dan berhenti membimbing sekaligus menggali sisi potensi mereka. “Bahwa, karang taruna adalah agen of change (pembawa perubahan) ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda