Bupati Tapsel: Pemuda Harus Maju dan Berani Taklukkan Dunia

378
Bupati Tapanuli Selatan H. Syarul M. Pasaribu membacakan sambutan Menpora RI, dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019).

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu meyakini, pemuda merupakan tonggak pemersatu kemajuan bangsa. Mereka harus cakap sekaligus berani. Di tangan pemuda, Indonesia bisa lebih maju dalam bingkai persatuan.

“Bersatu kita maju,” sebut bupati sesuai tema Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Tapanuli Selatan, yang tahun ini dilangsungkan di lapangan PTPN III Perkebunan Batang Toru, Kecamatan Batang Toru, Senin (28/10/2019) pagi.

Turut hadir Wabup H. Aswin Efendi Siregar, anggota DPRD, Wadanyonif 123/RW, sekda, para asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD, camat se-Tapsel, forkopimcam, pimpinan perusahaan PT. AR dan PTPN III. Serta diikuti peserta upacara yang terdiri dari TNI-Polri, ASN, OKP, berikut para pelajar tingkat SMA/sederajat dan Pramuka.

Penampilan pemuda dan pemudi yang mengenakan pakaian adat daerah turut menambah kemeriahan upacara. Mereka berbaris dengan mengambil posisi di tengah lapangan, bersamaan dengan pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928.

Membacakan sambutan Menpora RI, Bupati Tapsel mengingatkan, bangsa Indonesia berhutang budi terhadap para tokoh pemuda tahun 1928. Melalui sumpah pemuda mereka, telah menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran berbangsa, dan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Tema ‘Bersatu Kita Maju’ diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa. Terlebih lagi pemuda pemudi, hal itu menjadi keharusan. Di tangan mereka, Indonesia harus lebih maju. Untuk mewujudkan itu pemuda diharuskan memiliki karakter, kapasitas, inovatif, kreatif, mandiri, inspiratif, mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Sedangkan pemuda yang berkarakter tangguh adalah, pemuda yang memiliki karakter moral karakter kinerja, beriman serta bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” ungkap Syahrul.

Menghadapi persaingan global, pemuda Indonesia harus pula memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, jiwa kewirausahaan, sifat kepeloporan yang mumpuni, ditambah pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Selain itu, pesatnya arus informasi yang tidak semua memiliki nilai positif atau edukatif, pemuda juga dituntut mampu memfilter segala sesuatunya. Informasi yang bersifat destruktif, mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme harus bisa terhindarkan dan dicegah.

“Pemuda harus mampu bersaing dalam bentuk apapun, dalam koridor positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, sehingga kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” harap Syahrul. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda