Bupati OKI Ingatkan Kades Baru Jaga Amanah dan Tanggung Jawab

179

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar SE melantik lima kepala desa (kades) terpilih di Kecamatan Pampangan dan Pangkalan Lampam, bertempat di Balai Desa Ulak Kemang Pampangan, Kamis (24/8/2023).

Kades yang dilantik antara lain Kepala Desa Pulau Layang, Kuro, serta Ulak Kemang Kecamatan Pampangan. Kemudian Kepala Desa Sukaraja dan Air Rumbai Kecamatan Pangkalan Lampam.

Kepada kades yang dilantik, Bupati Iskandar mengingatkan Surah Al-Imran ayat 26-27 yang berisikan bukti-bukti kekuasaan dan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang maha berkuasa atas segala hal lagi maha berkehendak.

“Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, engkau berikan kerajaan kepada orang yang engkau kehendaki, dan engkau cabut kerajaan dari orang yang engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang engkau kehendaki dan engkau hinakan orang yang engkau kehendaki. Ditangan engkaulah segala kebajikan.”

“Sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan engkau beri rezeki siapa yang engkau kehendaki tanpa hisab (batas),” ujar Iskandar membacakan terjemah Surah Al-Imran 26-27.

Iskandar mengatakan, jabatan yang diemban para kepala desa merupakan amanat yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Bagaimanapun usaha kita untuk meraih jabatan, jika tidak disuratkan maka tidak akan diraih,” jelas dia.

Untuk itu, ujar Iskandar, selain mengingatkan dirinya sendiri, dia mengajak para kades untuk menunaikan amanah jabatan dengan baik.

“Kades yang belum terpilih bukan berarti tidak baik, tapi belum mendapat amanah dari yang maha kuasa,” jelas Iskandar.

Setelah dilantik, para kepala desa diminta untuk segera bentuk organisasi perangkat desa, Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMDes), dan peraturan-peraturan desa.

“Libatkan masyarakat dalam membangun desa, dengarkan ulama dan tokoh masyarakat,” pesannya.

Perbedaan dukungan saat Pilkades, tambah Iskandar, sudah selesai. Saatnya semua pihak saling rangkul untuk memajukan desa.

Sementara Husin Ansori, tokoh masyarakat Pampangan, mengucapkan terimakasih atas pelantikan kepala desa yang digelar di balai desa.

“Kami bisa melihat dan menyaksikan langsung kepala desa pilihan kami dilantik,” ujar dia.

Husin mengatakan, diakui atau tidak diakui banyak kemajuan desa di bawah kepemimpinan H. Iskandar SE.

“Soal jalan kita memaklumi, karena kondisi keterbatasan biaya dan luasnya wilayah OKI. Namun tidak bisa disangkal kemajuan di bidang lain seperti pertanian, perkebunan, pendidikan dan pelayanan kesehatan di bawah kepemimpinan H. Iskandar,” terang dia.

Salah satu hasil pembangunan yang paling dirasakan masyarakat Pampangan, tambahnya, yaitu terbukanya akses jalan Lebak Tapus, Pulau Layang menuju Kecamatan Jejawi.

“Sekarang dari Pampangan menuju Kecamatan Jejawi atau Kota Palembang jalannya sudah bagus meskipun belum seluruhnya,” tutup Husin. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda