Bupati Nias: Kedudukan DPD RI Perlu Diperkuat

71

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menjadi salah seorang narasumber pada kegiatan orientasi anggota DPD RI terpilih 2019-2024 yang dilaksanakan di The Ritz Carlton Hotel Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Bupati Nias menyampaikan pandangannya terhadap pelaksanaan tugas anggota DPD RI yang diselaraskan dengan kinerja pemerintahan daerah.

“DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang mencerminkan nilai – nilai demokrasi serta dapat menyerap dan memperjuangkan aspirasi rakyat, termasuk kepentingan daerah sesuai dengan tuntutan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata bupati.

Dijelaskan dia lagi, bahwa salah satu fungsi, tugas dan wewenang DPD RI yaitu memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU tentang APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan dan agama, serta pengawasan atas pelaksanaan UU mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, hubungam pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya.

Menurut Sokhiatulo Laoli, sebagai lembaga yang mewakili suara dan aspirasi daerah, DPD berada di garda terdepan dan menjadi motor penggerak penuntasan ketertinggalan daerah-daerah yang berada pada status tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

Di bagian akhir materinya, Bupati Nias mengatakan bahwa kedudukan DPD perlu diperkuat, karena selama ini fungsi legislasi DPD selalu dipagari, sehingga membuat anggota DPD tidak bisa secara maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerahnya di tingkat pusat.

Turut hadir sebagai narasumber dalam gelaran tersebut antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda