BKPRMI Palembang Laksanakan Edukasi Siroh Nabawiyah Untuk Santri TPA

22

PALEMBANG, BERITAANDA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Palembang bekerjasama dengan Komunitas Inspirasi Rumah Sirah (Imara) melaksanakan kegiatan edukasi siroh nabawiyah untuk santriwan dan santriwati TPA 481 Masjid Nurul Huda Palembang, Rabu (24/2).

Ketua BKPRMI Kota Palembang HM Ifan Fahriansyah SKM M.Kes menyebutkan, agenda ini lebih ke edukasi pengenalan siroh nabawiyah. “Harapan kedepannya semoga anak-anak TPA makin cinta Rasulullah,” ujar Ifan.

Ifan menjelaskan, agenda ini dilakukan melalui cerita, dialog interaktif yang dibantu dengan multi media. Dirinya berharap, agenda seperti ini dapat dilakukan di unit TPA lainnya.

“Hari ini launching pertama kalinya, semoga kedepannya kegiatan TPA lebih dinamis dan menarik,” harap Ifan.

Dengan adanya kegiatan ini, kata Ifan, harapannya santri-santri lebih semangat dalam beribadah, yang nantinya menghasilkan santri yang memiliki moralitas yang baik, generasi penerus yang soleh maupun soleha.

Founder Komunitas Imara, Oki Veronika menjelaskan, komunitas Imara secara khusus membuat program untuk ke TPA-TPA atau ke kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Palembang. Visi misinya untuk membumikan siroh, khususnya di Kota Palembang. Dan Insya Allah akan menyebar ke Sumsel.

“Ini yang pertama kali, dan ini untuk percontohan yang hasilnya nanti akan dilaporkan ke BKPRMI, kemudian nanti akan diteruskan ke Gubernur Sumsel. Insya Allah, kalau mereka berkenan akan mensupport kegiatan ini, khususnya di Palembang,” jelas Oki.

Menurut Oki, metode pembelajarannya lebih kepada berkisah, karena selama ini hal itu sudah dilupakan. Kalau dulu sebelum tidur orang tua kita selalu mengisahkan tentang perjalanan Nabi dan Rasul, jadi kita akan melestarikan kembali kegiatan siroh atau berkisah ini.

“Harapannya, biar anak-anak bisa lepas juga dari gadgetnya, dan tentu lebih mengenal Rasulullah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda, H. Ahmad Wasdir menyampaikan, ucapan terima kasih kepada DPD BKPRMI Palembang dan Imara yang telah mengadakan agenda ini untuk pertama kalinya di Masjid Nurul Huda.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya agenda ini dapat membuat 125 santri dan santriwati di TPA 481 ini menjadi generasi yang cinta Rasulullah dan Alquran. “Mudah-mudahan dapat menjadi pencerahan, bagi santri dan santriwati di TPA 481 ini,” ujarnya.

Lanjut Ahmad, selama di masa pandemi Covid-19, proses belajar tetap dilakukan dengan mekanisme bergantian di 4 kelas, serta mematuhi protokol kesehatan. Ahmad juga berharap agenda seperti ini tetap berjalan. “Tetap semangat buat BKPRMI dalam menjalankan agenda-agendanya,” tutup Ahmad. [Hanny]

Bagaimana Menurut Anda