Begundal Jalanan Ini Meringis Kesakitan di Dor Macan Komering

1668

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Usai mendapat perawatan medis, dengan langkah terseok-seok dan raut wajah meringis kesakitan, Saidi Hanan (28) hanya bisa pasrah saat di gelandang oleh Tim Macan Komering Polsek Mesuji OKI untuk menjalani pemeriksaan, Kamis (19/9/2019) malam.

Timah panas disarangkan di kaki kanan warga Dusun IV Desa Pematang Panggang Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut bukan tak beralasan. Karena begundal jalanan ini melawan saat ditangkap sekira pukul 22.30 Wib, di Desa Pematang Panggang.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Mesuji AKP Darmanson melalui Paurbinops Bag.Ops Polres OKI IPTU Bambang Pancawala, Jumat (20/9/2019) menjelaskan, tersangka merupakan target operasi Tim Macan Komering Polsek Mesuji.

“Sedikitnya, ada dua kasus curas dan curat yang telah dilakukan tersangka. Korbannya Hari Fahrani (30) yang merupakan sopir asal Medan Sumatera Utara dan Agung Yakup (27), warga Dusun IV Desa Pematang Panggang Mesuji. Dalam aksinya, tersangka kerap menggunakan senjata tajam,” kata Paurbinops.

Seperti pada Senin (26/8/2019) lalu, kata dia, kala itu sekira pukul 03.00 Wib di Jalintim Desa Pematang Panggang, tersangka Saidi yang mengendarai sepeda motor serta senjata tajam terselip pada pinggangnya bersiap menunggu korban melintas.

“Tak lama, truk tronton dikemudikan korban Hari Fahrani melintas, yang kebetulan juga merupakan langganan jasa pengawalan kendaraan bagi tersangka. Setiba di TKP, korban Hari langsung menghentikan kendaraan, lalu turun menemui tersangka,” jelas dia.

Seketika itu, masih kata dia, tersangka langsung mengeluarkan senjata tajam lalu mengarahkannya perut korban. Pelaku langsung merampas harta benda milik korban berupa HP cina merk Alcatel warna hitam putih, dompet korban yang berisikan SIM B1 umum, e-KTP, ATM BRI dan uang tunai Rp350 ribu.

“Tak puas sampai disitu, tersangka kembali ancam korban dengan mengarahkan sajam ke leher korban dan mengambil uang kurang lebih Rp400 ribu dari saku celana korban, serta mengambil uang jalan korban sebesar Rp4 juta. Setelah menguras habis harta korban, kemudian tersangka menyuruh korban untuk pergi,” ungkap dia.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian ditafsir sebesar Rp7,3 juta hingga akhirnya melapor ke Polsek Mesuji pimpinan AKP Darmanson. Lanjut dia, lalu tadi malam sekira pukul 22.30 Wib, jajaran Polsek Mesuji mendapatkan informasi keberadaan tersangka di Desa Pematang Panggang.

“Tim Opsnal Macan Komering Polsek Mesuji dipimpin oleh Kapolsek AKP Darmanson beserta Kanit Reskrim IPDA M. Wahyudi langsung menuju ke sasaran. Ketika tiba di tempat persembunyian tersangka, ternyata kedatangan personel Polsek diketahui tersangka sehingga langsung kabur,” ujar dia.

Kemudian dilakukan pengejaran terhadap tersangka dan akhirnya berhasil ditangkap. Lanjut dia, pada saat akan diamankan, tersangka melakukan perlawanan kepada petugas, sehingga terpaksa diberikan tindakan tegas terukur yang mengenai kaki kanan tersangka.

“Setelah tersangka berhasil dilumpuhkan, lalu tim langsung mengamankan dan dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis. Selanjutnya, tersangka dan barang bukti berupa 1 buah dompet berisikan SIM B1 umum, KTP atas nama Hari Fahrani, ATM BRI, member card Vivo dan sebilah sajam dibawa ke Mapolsek Mesuji guna penyidikan lebih lanjut,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda