AR Suparno Kembali Hadiri Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila

86

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PDI Perjuangan AR. Suparno SE beserta tim hadir di Lingkungan 2 Kelurahan Rajabasa Jaya Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung, Sabtu (11/3/2023).

AR Suparno SE hadir dalam kegiatan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bersama 2 orang narasumber, Ustadz Suparman Abdul Karim dan AKP (Purn) A. Basri Dina.

“Bapak ibu yang saya hormati, bahagia sekali hadir disini, rupanya warga sini sebagian besar satu daerah dengan saya, saya Gombong juga, Alhamdulillah ketemu saudara semuanya,” ujarnya.

Suparno menjelaskan, kegiatan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan ini merupakan kegiatan rutin wakil rakyat yang digelar setiap satu bulan sekali untuk membumikan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Sosialisasi ideologi Pancasila sangatlah penting, terutama untuk generasi muda, pada saat ini justru sepertinya mungkin mulai terlupakan. Oleh karena itu pentingnya kita untuk mensosialisasikan apa yang dikatakan ideologi Pancasila itu. Saya berharap ibu bapak yang hadir dapat mengimplementasikan dalam kesehariannya,” ujar dia.

Pemateri pertama, AKP (Purn) A. Basri Dina SH MH dari Pokdarkamtibmas Kota Bandar Lampung mengatakan bahwa Pancasila bukan barang baru.

“Bapak ibu warga Rajabasa Raya pasti sudah mengenal Pancasila sejak dulu. Penggali Pancasila yaitu Bapak Soekarno pada sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) mengutarakan tentang 5 sila yang akan dijadikan pedoman atau landasan negara,” ungkapnya.

Kembali diterangkan oleh pemateri yang merupakan pensiunan anggota kepolisian Polda Lampung ini, sejarah singkat dari Pancasila sudah ada sejak zaman kerajaan di nusantara.

“Nilai – nilai Pancasila sebenarnya sudah ada sejak abad ke-7, dari zaman Sriwijaya, dan ada di zaman kerajaan Majapahit di abad ke-12. Nilai Pancasila dapat dilihat dari buku buku sepert sutasoma, buku negara kartagama, dan sebagainya,” terangnya.

Narasumber kedua, Ustadz Suparman Abdul Karim selaku Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDI Perjuangan Provinsi Lampung, kembali menegaskan ada kelompok-kelompok yang menolak Pancasila dan membenturkan antara Pancasila dengan agama.

“Ada kelompok yang membenturkan antara beragama dan bernegara. Kita harus berhati-hati apabila ada kelompok pengajian tetapi mengajak untuk membenci negara dan seolah-olah ada paham lain yang ditawarkan menjadi solusi ideologi selain Pancasila, sebaiknya kita hindari saja. Orang mengaji tetapi diajarkan untuk membenci negara, padahal sebetulnya menjadi warga agama yang baik pun berbanding lurus dengan menjadi warga negara yang baik,” tutupnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda