Antisipasi ISPA, Karang Taruna Tapsel Bagikan 3.000 Masker Gratis

383
Suasana pembagian masker gratis di Pasar Batangtoru, Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (24/9/2019).

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Karang Taruna Tapanuli Selatan (Tapsel) membagikan sebanyak 3.000 masker gratis kepada warga pengguna jalan yang ada di Kabupaten Tapsel, yang terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Setidaknya 3.000 masker kami bagikan secara gratis kepada warga yang melintas di tiga titik lokasi, persisnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum),” kata Ketua Karang Taruna Tapsel, Ahmad Bangun Ritonga, Selasa (24/9/2019).

Tiga titik Jalinsum dimaksud yaitu di kawasan Pasar Batangtoru Kecamatan Batangtoru, depan Pasar Tradisional Huta Tonga Kecamatan Angkola Muaratais, dan di depan kantor Camat Batang Angkola (Sigalangan).

Ahmad Bangun mengatakan, pembagian masker secara cuma-cuma itu dilakukan dalam membantu warga untuk antisipasi dampak buruk akibat masih adanya kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Tapsel.

“Dalam beberapa hari ini daerah kita masih diselimuti kabut asap. Untuk itu kita pun mengambil peranan dalam meminimalkan ancaman gangguan kesehatan dengan membagikan masker gratis tersebut,” ungkapnya.

Menurut pria akrab dipanggil Bangun ini, diantara ancaman nyata adanya kabut asap seperti timbulnya gangguan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat menghirup udara yang telah tercemar dan tergolong tidak sehat.

Tentunya, pencemaran udara akibat kabut asap yang sangat rentan memicu penyakit ISPA itu semakin mengancam kesehatan, terutama bagi anak-anak maupun orang yang memiliki riwayat penyakit asma atau sesak napas.

“Karenanya, sasaran utama kita adalah anak-anak pelajar dan masyarakat yang bekerja di lapangan. Mudah-mudahan ini dapat mengurangi adanya warga yang terserang penyakit khususnya gangguan pernapasan,” harapnya.

Bangun menambahkan, pembagian masker secara cuma-cuma ini akan dilakukan bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kondisi alam. Jika dipandang perlu, maka pihaknya berencana menggelar kegiatan serupa.

“Untuk tahap pertama ini kami bagikan dulu sekitar 3.000 masker. Selanjutnya ke depan, kita lihat situasinya seperti apa. Namun yang pasti, kita semua berharap kabut asap ini segera berlalu dan normal kembali,” pungkas Bangun. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda